RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Tema/Mapel : Favorit song / Bahasa Inggris
Kelas/Semester : X /2
1.
Menanggapi dan mengamalkan ajaran agama
yang dianutnya
2.
Menghargai perilaku (jujur, disiplin,
tanggung jawab, peduli, santun, rasa ingin tahu, percaya diri, toleran,
motivasi internal, pola hidup sehat, dan ramah lingkungan) dalam berinteraksi
secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam dalam jangkauan pergaulan dan
keberadaannya
3.
Memahami pengetahuan (faktual,
konseptual, dan prosedural) dalam ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya,
dan humaniora dengan wawasan keagamaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban
terkait fenomena dan kejadian yang tampak mata
4.
Mencoba, mengolah dan menyaji berbagai
hal dalam ranah konkret (menggunakan, mengurai, merangkai, memodifikasi, dan
membuat) dan ranah abstrak (menulis, membaca, menghitung, menggambar dan
mengarang) sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan dari berbagai sumber
lain yang sama dalam sudut pandang/teori
II.
Kompetensi Dasar
1.1
Mensyukuri kesempatan dapat mempelajari
bahasa Inggris sebagai bahasa pengantar komunikasi internasional.
2.3
Menghargai perilaku tanggung jawab, peduli,
kerjasama dan cinta damai, dalam melaksanakan komunikasi fungsional
3.11 Menyebutkan
fungsi sosial dan unsur kebahasaan dalam lagu
4.16 Menangkap pesan dalam lagu
III.
Indikator
1.
Spiritual
mensyukuri anugerah Tuhan akan keberadaan bahasa
Inggris sebagai bahasa pengantar komunikasi internasional
2.
Sosial
melakukan sikap yang bertanggung jawab, peduli,
kerjasama dan cinta damai, dalam melaksanakan komunikasi fungsional secara
konsisten
3.
Pengetahuan
Memahami,
menerapkan, menganalisis pengetahuan faktual,
konseptual, prosedural berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu
pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan
kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan
peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan
prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya
untuk memecahkan masalah.
4.
Ketrampilan
Mengolah,
menalar, dan menyaji dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait
dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri, dan
mampu menggunakan metode
sesuai kaidah keilmuan
IV.
Tujuan
1. Spiritual
Setelah proses pembelajaran peserta didik mensyukuri
kesempatan dapat mempelajari bahasa Inggris sebagai bahasa Internasional secara
konsisten
2. Sosial
Setelah mengamati dan mendiskusikan
teks lisan dan
tulis tentang deskripsi tempat, peserta didik berperilaku tanggung jawab,
peduli, kerjasama dan cinta damai, dalam melaksanakan komunikasi fungsional
secara konsisten
3. Pengetahuan
Setelah mengamati dan mendiskusikan
teks lisan dan tulis tentang deskripsi tempat, peserta didik dapat menjelaskan fungsi sosial, struktur teks
dan unsur kebahasaan secara tepat.
4. Ketrampilan
Setelah memahami dan mendiskusikan teks interpersonal lisan dan tulis, peserta
didik dapat mengolah,
menalar, dan menyaji dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait
dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri, dan
mampu menggunakan metode
sesuai kaidah keilmuan
V.
Materi Pembelajaran
Fakta : Teks
lagu
Konsep
Fungsi
sosial: Menghibur,
mengungkapkan perasaan, mengajarkan pesan moral
Prosedur
Unsur
kebahasaan:
1.
Kata, ungkapan, dan
tata bahasa dalam karya seni berbentuk lagu.
2.
Ejaan dan tulisan
tangan dan cetak yang jelas dan rapi.
3.
Ucapan, tekanan kata,
intonasi, ketika mempresentasikan secara lisan
VI.
Sumber/Media Pembelajaran
1.
Sumber :
·
Audio CD/ VCD/DVD
·
Koran/ majalah berbahasa
Inggris
2.
Media Pembelajaran : Audio, White
Board, Board marker, work sheet
VII.
Metode Pembelajaran
1.
Pendekatan : scientific approach
2.
Metode
: Project-based Learning
3.
Teknik : ceramah, diskusi, tanya jawab, pemberian tugas
VIII. Langkah
Pembelajaran
FASE
|
KEGIATAN
PEMBELAJARAN
|
WAKTU
|
Pendahuluan
|
a. Peserta didik merespon salam dan pertanyaan dan
guru dengan kondisi dan pembelajaran sebelumnya.
b. Peserta didik menerima informasi tentang
keterkaitan pembelajaran sebelumnya dengan pembelajaran yang akan
dilaksanakan.
c. Peserta didik menerima informasi kompetensi,
materi, tujuan, manfaat, dan langkah pembelajaran yang akan dilaksanakan
|
5
menit
|
Kegiatan
Inti
|
a.
Mengamati
·
mendengarkan/membaca beberapa lirik
lagu berbahasa Inggris
· menyalin
lirik lagu yang diperdengarkan
·
menirukan penguncapan kata-kata yang dianggap masih sulit.
·
menyanyikan sesuai dengan lagu yang
didengar
b.
Menanya
·
mempertanyakan perbedaan pesan yang
ada dalam lagu bahasa Inggris, dan lagu
dalam bahasa Indonesia.
·
memperoleh pengetahuan tambahan
tentang kosa kata dan pesan dalam lagu
c.
Menalar
·
berdiskusi tentang pesan lagu yang
didengar
d.
Mencoba
·
membanding-kan
pesan yang terdapat dalam lagu yang dibaca/ didengar yang sudah di siapkan olrh guru
·
menganalisis pesan di
dalam sebuah lagu yg sudah di perdengarkan
e.
Mengkomunikasikan
·
melaporkan hasil analisis
tentang pesan di dalam lagu-lagu tersebut
|
5
menit
5
menit
10 menit
5
menit
10
menit
|
Penutup
|
a. Peserta didik bersama guru menyimpulkan pembelajaran.
b. Peserta didik melakukan refleksi terhadap kegiatan yang sudah dilakukan
c. Peserta didik menjawab pertanyaan yang
diberikan oleh guru
|
5
menit
|
IX.
Penilaian (Instrumen penilaian
terlampir)
1. Penilaian
sikap
2. Penilaian
pengetahuan
3. Penilaian
ketrampilan
Kediri,
17 mei 2014
Disetujui
oleh Instruktur Guru
Kelas
Saiful,
S.Pd., M.Pd. Arief Tristian
LAMPIRAN
1
LKS (Lembar
Kerja Siswa)
ACTIVITY 1
Observe the audio
ACTIVITY 2
Task 1
Complete these sentences based on
the audio
JUST
THE WAY YOU ARE
BY BRUNO MARS
BY BRUNO MARS
Her eyes, her eyes
Make the stars look like they’re not …….. (1)
Her hair, her hair
Falls …….(2) without her trying
Make the stars look like they’re not …….. (1)
Her hair, her hair
Falls …….(2) without her trying
She’s so ……….(3)
And I tell her every day
And I tell her every day
I know, I know
When I compliment her
She wont …….(4) me
And its so, its so
Sad to think she don’t see what I see
When I compliment her
She wont …….(4) me
And its so, its so
Sad to think she don’t see what I see
But …………(5) she asks me
do I look okay I say
When I see your face
There’s not a thing that I would …….(6)
Cause you’re ………(7)
Just the way you are
And when you ……..(8)
The whole world …….(9) and ……(10) for awhile
Cause girl you’re amazing
Just the way you are
There’s not a thing that I would …….(6)
Cause you’re ………(7)
Just the way you are
And when you ……..(8)
The whole world …….(9) and ……(10) for awhile
Cause girl you’re amazing
Just the way you are
Task 2
Find the meaning of this word
Shining
compliment
Sad
whole
stares
amazing
Task
3
Make a group (3-4 students each group) ! Work and
disscuss with your group to describe what the song talk
about? And the message which you get from the song.
.
ACTIVITY 3
Present your work in front of the class
!
KUNCI
JAWABAN
ACTIVITY 2
Task
1
JUST
THE WAY YOU ARE
BY BRUNO MARS
BY BRUNO MARS
Her eyes,
her eyes
Make the stars look like they’re not shining (1)
Her hair, her hair
Falls perfectly (2) without her trying
Make the stars look like they’re not shining (1)
Her hair, her hair
Falls perfectly (2) without her trying
She’s so beautiful (3)
And I tell her every day
And I tell her every day
I know, I
know
When I compliment her
She wont believe (4) me
And its so, its so
Sad to think she don’t see what I see
When I compliment her
She wont believe (4) me
And its so, its so
Sad to think she don’t see what I see
But every
(5)time she asks me do I look okay I say
When I
see your face
There’s not a thing that I would change (6)
Cause you’re amazing (7)
Just the way you are
And when you smile (8)
The whole world stops (9) and stares (10) for awhile
Cause girl you’re amazing
Just the way you are
There’s not a thing that I would change (6)
Cause you’re amazing (7)
Just the way you are
And when you smile (8)
The whole world stops (9) and stares (10) for awhile
Cause girl you’re amazing
Just the way you are
Task
2
Shining : bersinar,
gemerlap, gemilang
Compliment : pujian, salam,
memberi pujian
Sad : sedih,
menyedihkan
whole : seluruh, sepenuhnya
stares :
pandangan, tatapan
amazing : mengagumkan
Task
3
That song talk
about someone who really loved in the first sight. This song have created for a
woman or anybody else you
may not be perfect but to him you are, he likes her just
how you are. he doesn't want or need her to
change anything. your beautiful and amazing , he's never seen anything like her
before.
LAMPIRAN
2
Penilaian
1. Penilaian
Sikap
No
|
Aspek yang dinilai
|
Teknik
Penilaian
|
Waktu
Penilaian
|
Instrumen
Penilaian
|
Keterangan
|
1
2
3
4
5
6
7
8
|
Rasa
hormat
Jujur
Peduli
Berani
Percaya diri
Komunikatif
Peduli sesama
Ingin tahu
|
Pengamatan
|
Proses
|
Lembar
Pengamatan
|
2. Penilaian
Pengetahuan
Indikator
Pencapaian
Kompetensi
|
Teknik
Penilaian
|
Bentuk
Penilaian
|
Instrumen
|
memahami fungsi sosial, struktur teks, dan unsur
kebahasaan dari teks lisan dan tulis untuk menyebut nama bangunan publik yang
dekat dengan kehidupan peserta didik sehari-hari
|
Unjuk kerja
|
Lisan dan tulis
|
1.
Mention the public places that you can see from
the picture above
2.
Decide wether the following sentence is true or false
a.
The museum is next to the supermarket
b.
The hotel is near the river
c.
The cinema is next to the library
d.
The supermarket is in front of the museum
e.
The cafe is behind the school
|
3. Penilaian praktek
Indikator
Pencapaian
Kompetensi
|
Teknik
Penilaian
|
Bentuk
Penilaian
|
Instrumen
|
menyusun teks lisan dan
tulis untuk menyebutkan nama binatang, benda, dan bangunan publik yang dekat
dengan kehidupan peserta didik sehari-hari, dengan unsur kebahasaan yang benar
dan sesuai konteks
|
Unjuk kerja
|
Presentasi
|
Choose the pictures given to create a map of our
town. Stick the pictures that you choose on the board paper which has been
prepared by your teacher. After all the groups have finished it, each group
give presentation in front of the class
|
LAMPIRAN :
Rubrik Penilaian dari Segi
Sikap (attitude)
a. Rasa hormat (respect)
5 =
Tidak pernah menunjukkan sikap tidak hormat
4 =
Pernah menunjukkan sikap tidak hormat
3 =
Beberapa kali menunjukkan sikap tidak hormat
2 =
Sering menunjukkan sikap tidak hormat
1 =
Sangat sering menunjukkan tidak hormat
b. Jujur (honest)
5 =
Tidak pernah menunjukkan sikap tidak jujur
4 =
Pernah menunjukkan sikap tidak jujur
3 =
Beberapa kali menunjukkan sikap tidak jujur
2 =
Sering menunjukkan sikap tidak jujur
1 =
Sangat sering menunjukkan sikap tidak jujur
c. Peduli (care)
5 =
Tidak pernah menunjukkan sikap tidak peduli
4 =
Pernah menunjukkan sikap tidak peduli
3 =
Beberapa kali menunjukkan sikap tidak peduli
2 =
Sering menunjukkan sikap tidak peduli
1 =
Sangat sering menunjukkan sikap tidak peduli
d. Berani (brave)
5 =
Tidak pernah menunjukkan sikap tidak berani
4 =
Pernah menunjukkan sikap tidak berani
3 =
Beberapa kali menunjukkan sikap tidak berani
2 =
Sering menunjukkan sikap tidak berani
1 =
Sangat sering menunjukkan sikap tiodak berani
e. Percaya diri (confidence)
5 =
Tidak pernah menunjukkan sikap tidak percaya diri
4 =
Pernah menunjukkan sikap tidak percaya diri
3 =
Beberapa kali menunjukkan sikap tidak percaya diri
2 =
Sering menunjukkan sikap tidak percaya diri
1 =
Sangat sering menunjukkan sikap tidak percaya diri
f. Berkomunikasi baik (communicative)
5 =
Tidak pernah menunjukkan sikap tidak komunikatif
4 =
Pernah menunjukkan sikap tidak komunikatif
3 =
Beberapa kali menunjukkan sikap tidak komunikatif
4 =
Sering menunjukkan sikap tidak komunikatif
5 =
Sangat sering menunjukkan sikap tidak komunikatif
g. Peduli sosial (social awareness)
5 =
Tidak pernah menunjukkan sikap tidak peduli sosial
4 = Pernah
menunjukkan sikap tidak peduli sosial
3 =
Beberapa kali menunjukkan sikap tidak peduli sosial
2 =
Sering menunjukkan sikap tidak peduli sosial
1 =
Sangat sering menunjukkan sikap tidak peduli sosial
h. Ingin tahu (curiosity)
5 =
Tidak pernah menunjukkan sikap tidak ingin tahu
4 =
Pernah menunjukkan sikap tidak ingin tahu
3 =
Beberapa kali menunjukkan sikap tidak ingin tahu
2 =
Sering menunjukkan sikap tidak ingin tahui
1 =
Sangat sering menunjukkan sikap tidak ingin tahu
Rubrik Penilaian dari
Aspek Pengetahuan (knowledge)
a. Kosa kata (vocabulary)
5 =
Hampir sempurna
4 =
Ada kesalahan tapi tidak mengganggu makna
3 =
Ada kesalahan dan mengganggu makna
2 =
Banyak kesalahan dan menganggu makna
1 =
Terlalu banyak kesalahan sehinngga sulit dipahami.
b. Kelancaran (fluency)
5 =
Sangat lancar
4 =
Lancar
3 =
Cukup lancar
2 =
Kurang lancar
1 =
Tidak lancar
c. Ketelitian (accuracy)
5 =
Sangat teliti
4 =
Teliti
3 =
Cukup teliti
2 =
Kurang teliti
1 =
Tidak teliti
d. Pengucapan (pronunciation)
5 =
Hampir sempurna
4 =
Ada kesalahan tapi tidak mengganggu makna
3 =
Ada beberapa kesalahan dan mengganggu makna
2 =
Banyak kesalahan dan mengganggu makna
1 =
Terlalu banyak kesalahan sehingga sulit untuk dipahami
e. Intonasi (intonation)
5 =
Hampir sempurna
4 =
Ada beberapa kesalahan tapi tidak mengganggu makna
3 =
Ada beberapa kesalahan dan mengganggu makna
2 =
Banyak kesalahan dan mengganggu makna
1 =
Terlalu banyak kesalahan sehingga sulit dipahami
f. Pemahaman (understanding)
5 = Sangat memahami
4 = Memahami
3 = Cukup memahami
2 = Kurang memahami
1 = Tidak memahami
g. Pilihan kata (diction)
5 = Sangat variatif dan
tepat
4 = Variatif dan tepat
3 = Cukup variatif dan tepat
2 = Kurang variatif dan
tepat
1 = Tidak variatif dan tepat
Rubrik
Penilaian Praktek
Kriteria |
Jika respon benar, ucapan benar, intonasi benar, dan pengucapan lancar.
|
Jika respon benar, ucapan benar, intonasi benar, dan pengucapan lancar.
|
Jika respon benar, ucapan benar, intonasi benar, dan pengucapan tidak
lancar.
|
Jika respon benar, ucapan benar, intonasi salah, dan pengucapan tidak
lancar.
|
Jika respon kurang tepat, ucapan salah, intonasi salah, dan pengucapan
tidak lancar.
|
Nilai
|
Excelent
5
|
Very Good
4
|
Good
3
|
Fair
2
|
Poor
1
|
Lampiran 1 : Format Penilaian Individu
Nama Kegiatan :
.....................................
Tanggal Pelaksanaan :
.....................................
Nama :
.....................................
NIS :
.....................................
No
|
Aspek yang Dinilai
|
Nilai
|
Sikap
(attitude)
|
||
1
|
Ingin
tahu
|
|
2
|
Percaya
diri
|
|
3
|
Jujur
|
|
Perilaku
(action)
|
||
1
|
Kerja
sama
|
|
2
|
Melakukan
tindak komunikasi yang tepat
|
|
Pengetahuan
(knowledge)
|
||
1
|
Pengucapan
|
|
2
|
Kelancaran
|
|
3
|
Intonasi
|
|
Total
|
||
Rata-Rata
|
Nice post !
Awesome, thanks for the post. this one is really helping me out.
thank you for this post bro
Thanks for this post bro and allow me to take this one
thanks for this post
Nice post, it's very usefull for making lesson plan.