RANCANGAN PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Satuan Pendidikan
Mata Pelajaran
Kelas / Semester
Materi Pokok
Alokasi waktu
|
:
:
:
:
:
|
SMP
Bahasa Inggris
VII / 1 (satu)
Teks lisan dan
tulis sederhana untuk menanyakan,menyatakan,dan merespon perkenanalan diri.
2 pertemuan (4 JP)
|
A.
Kompetensi Inti
(KI)
KI 1
|
:
|
Menghargai dan
menghayati ajaran agama yang dianutnya.
|
KI 2
|
:
|
Menghargai
perilaku (jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli, santun, rasa ingin tahu,
percaya diri, toleran, motivasi internal, pola hidup sehat, dan ramah
lingkungan) dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan
alam dalam jangkauan pergaulan dan keberadaannya.
|
KI 3
|
:
|
Memahami
pengetahuan (faktual, konseptual, dan prosedural) dalam ilmu pengetahuan,
teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan keagamaan, kebangsaan,
kenegaraan, dan peradaban terkait fenomena dan kejadian yang tampak mata.
|
KI 4
|
:
|
Mencoba,
mengolah dan menyaji berbagai hal dalam ranah konkret (menggunakan, mengurai,
merangkai, memodifikasi, dan membuat) dan ranah abstrak (menulis, membaca,
menghitung, menggambar dan mengarang) sesuai dengan yang dipelajari di
sekolah dan dari berbagai sumber lain yang sama dalam sudut pandang/teori
|
B.
Kompetensi Dasar
dan Indikator Pencapaian Kompetensi
No.
|
Kompetensi Dasar
|
Indikator Pencapaian Kompetensi
|
|
1.
|
1.1
|
Mensyukuri kesempatan dapat mempelajari bahasa
Inggris sebagai bahasa pengantar
komunikasi
internasional yang diwujudkan
dalam semangat belajar.
|
1.1.1 Menulis learning log yang mengungkapkan
rasa syukur atas kesempatan dapat belajar bahasa Inggris
|
2.
3.
4.
|
2.2
3.1
3.2
4.1
4.2
|
Menunjukkan perilaku jujur, disiplin, percaya diri, dan bertanggungjawab dalam melaksanakan
komunikasi
transaksional dengan guru dan teman. (Cetak tebal: Fokus untuk pembelajaran
dalam RRP ini)
Memahami fingsi sosial.struktur teks, dan unsur kebahasaan pada ungkapan
sapaan, pamitan, ucapan terima kasih, dan permintaan maaf, serta responya,
sesuai dengan konteks penggunaanya.
Memahami fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan pada ungkapan
perkenalan diri,serta responya,sesuai dengan konteks penggunaanya.
Menyusun teks sederhana untuk mengucapkan dan merespon sapaan, pamitan,
ucapan terima kasih, dan permintaan maaf, dengan memperhatikan fungsi
sosial,struktur teks, dan unsur kebahasaan yang benar dan sesuai konteks.
Menyusun teks lisan dan tulis sederhana untuk menyatakan, menanyakan, dan
merespon perkenalan diri,dengan sangat pendek dan sederhana,dengan
memperhatikan fungsi sosial,struktur teks dan unsur kebahasaan yang benar dan
sesuai konteks.
|
2.2.1 Bertanggung
jawab atas tindakan anggotan menjadi pemimpin kelompok
2.2.2 Mengakui
ketika membuat kesalahan
2.2.3 Tidak
menyalahkan orang lain atas
tindakannya sendiri
2.2.4 Melakukan hal-hal yang dikatakan akan dikerjakan tanpa diingatkan orang lain
3.1.1
Menentukan tujuan komunikatif teks
3.1.2 Mengidentifikasi struktur teks
3.1.3 Mengidentifikasi unsur
kebahasaan
dalam teks
4.1.1 Menanyakan tindakan ucapan terima kasih, dan permintaan maaf secara lisan dengan akurat,
lancar, dan berterima
4.1.2 Menyatakan tindakan ucapan terima kasih, dan permintaan maaf dengan akurat, lancar, dan
berterima
4.1.3 Menanyakan tindakan tindakan ucapan terima kasih, dan permintaan maafdengan akurat,
lancar, dan berterima
4.1.4 Menyatakan tindakan tindakan ucapan terima kasih, dan permintaan maafdengan akurat,
lancar, dan berterima
|
C.
Tujuan
Pembelajaran
Pertemuan Pertama
Setelah
mengikuti serangkaian kegiatan pemebelajaran, peserta didik dapat:
1.
Memahami
teks interpersonal lisan dan tulis;
2.
Mengidentifikasi
tujuan komunikatif teks berdasarkan arahan dari guru pembimbing;
3.
Mengidentifikasi
struktur teks berdasarkan pertanyaan pengarah dari guru;
4.
Mengidentifikasi
kata kerja yang terdapat di dalam teks;
5.
Mengidentifikasi
kata keterangan waktu yang terdapat di dalam teks;
6.
Mengidentifikasi
kata tanya yang digunakan di dalam teks;
Pertemuan Kedua
Setelah mengikuti serangkaian kegiatan
pemebelajaran, peserta didik dapat:
1)
Menulis learning log yang mengungkapkan ras syukur
atas kesempatan dapat belajar bahasa Inggris;
2)
Bertanggung jawab atas tindakan anggotanya saat
menjadi pemimpin kelompok;
3)
Mengakui ketika membuat kesalahan;
4)
Tidak menyalahkan orang lain atas tindakannya
sendiri;
5) Melakukakn hal-hal yang dikatakan akan dikerjakan
tanpa diingatkan orang lain;
6)
Menanyakan tentang tindakan atau
kejadian yang dilakukan secara rutin secara tertulis dengan
akurat, runtut dan berterima;
7)
Menanyakan tentang tindakan atau
kejadian yang dilakukan secara rutinsecara tertulis dengan akurat, runtut
dan berterima;
8)
Menanyakan tentang tindakan atau
kejadian yang dilakukan secara rutinsecara tertulis dengan akurat, runtut
dan berterima;
9)
Menanyakan tentang tindakan atau
kejadian yang dilakukan secara rutinsecara tertulis dengan akurat, runtut
dan berterima.
D.Materi Pembelajaran
Pertemuan Pertama
Fungsi Sosial
|
:
|
Memperkenalkan diri untuk menjalin hubungan interpersona dengan guru dan teman.
|
Struktur Teks
·
My name is...
·
I’m....
·
I live in....
·
What’s your
name....
·
Where do you
live....
·
Nice to meet
you....
Unsur
Kebahasaan:
·
Kosa kata
·
Tata bahasabe have, kata ganti I ,he,she, they ; kata
ganti kepunyaan
·
Ucapan
·
Tekanan kata
·
Dan intonasi
Topic
|
:
|
Berbagai hal
terkait dengan kegiatan / kejadian sehari-hari dan yang merupakan kebenaran
umum yang terjadi di sekitar dan relevan dengan kehidupan peserta didik.
|
Pertemuan Kedua
Fungsi Sosial
|
:
|
Menjaga hubungan interpersonal dengan guru dan teman.
|
.
|
Struktur Teks
·
.(ungkapan hafalan, tidak perlu dijelaskan tata bahasanya).
Unsur
Kebahasaan:
·
Kosa katai’m sorry, that’s fine, dan semacamnya
·
Tata bahasa
·
Ucapan, i’m sorry, that’s fine, dan semacamnya
·
Tekanan kata
·
Intonasi
Topic
|
:
|
Berbagai hal terkait
dengan kegiatan / kejadian sehari-hari dan yang merupakan kebenaran umum yang
terjadi di sekitar dan relevan dengan kehidupan peserta didik.
|
D.
Metode
Pembelajaran
1.
Pendekatan : scientific
approach
2.
Metode : Project – based Learning
3.
Teknik : ceramah, diskusi, tanya jawab,
pemberian tugas
E.
Media, Alat, dan
Sumber Pembelajaran
1.
Media
Gambar aktifitas sehari-hari,
2.
Alat
Spidol hitam / warna, penghapus, white
board.
3.
Sumber
a.
Model ucapan dan
tindakan guru menggunakan setiap tindakan komunikasi transaksional dan
fungsional dengan benar, tepat, dan dengan sikap yang sesuai.
b.
Sumber
internet:
F.
Langkah-langkah
Kegiatan Pembelajaran
Pertemuan
Pertama
Pendahuluan 10
menit
|
|
Tahap
|
Kegiatan
|
|
§ Aparsepsi
dan motivasi
§ Penyampaian
tujuan pembelajaran
§ Penyampaian
cakupan materi dan uraian kegiatan
|
Kegiatan inti 60 menit
|
|
Observing
Questioning
Explorating
Associating
communicating
|
§ Siswa mendengarkan/menonton interaksi perkenalan diri.
§ Siswa mengikuti interaksi perkenalan diri.
§ Siswa menirukan model interaksi perkenalan diri.
§ Dengan bimbingan dan arahan guru, siswa
mengidentifikasi ciri-ciri perkenalan diri.
§ Dengan bimbingan dan arahan guru siswa menanyakan
antara lain perbedaan antar berbagai ungkapan perkenalan diri.
§ Dengan bimbingan dan arahan guru, siswa mempertanyakan
antara lain perbedaan antara ungkapan perkenalan diri dalam bahasa inggris,
perbedaan dengan bahasa indonesia,kemungkinan menggunakan ungkapan lain, dsb.
§ Siswa membandingkan perkenalan diri yang telah di
pelajari dengan yang ada dari berbagai sumber lain.
§ Siswa membandingkan ungkapan perkenalan diriyang telah
dipelajari dengan yang ada di sumber lain.
§ Siswa membandingkan antara ungkapan perkenalan diri
dalam bahasa inggris dan dalam bahasa siswa.
§ Siswa memperoleh balikan(feedback) dari guru dan teman
tentang unsur fungsional dan unsur kabahasaan.
§ Siswa memperkenalkan diri dengan bahasa inggris, di
dalam dan di luar kelas.
§ Siswa menuliskan permasalahan dalam menggunakan bahasa
inggris untuk memperkenalkan diri dalam jurnal belajar.
|
Penutup 10 menit
|
|
|
§ Menyimpulkan
hal-hal yang telah dipelajari
§ Refleksi
§ Penugasan
§ Menyampaikan
rencana kegiatan yang akan dating
|
Pertemuan Kedua
Pendahuluan 10 menit
|
|
Tahap
|
Kegiatan
|
|
§ Aparsepsi
dan motivasi
§ Penyampaian
tujuan pembelajaran
§ Penyampaian
cakupan materi dan uraian kegiatan
|
Kegiatan inti 60 menit
|
|
Communicating
|
§ Peserta didik
menyatakan dan mananyakan tindakan / kejadian yang dilakukan / terjadi secara
rutin atau merupakan kebenaran umum dengan bahasa inggris, di dalam dan di
luar kelas, di rumah dan di lingkungan sekitar.
§ Peserta didik
menulis jurnal untuk mengungkapkan pengalaman yang mereka peroleh selama
pembelajaran, hal-hal yang sulit dan mudah dipelajari dan strategi yang sudah
atau akan dilakukan untuk mengatasinya.
|
Penutup 10 menit
|
|
|
§ Menyimpulkan
hal-hal yang telah dipelajari
§ Refleksi
§ Penugasan
§ Menyampaikan
rencana kegiatan yang akan dating
|
G.
Penilaian
1)
Sikap Spiritual
a.
Teknik Penilaian : Tertulis
b.
Bentuk Instrumen : Lembar Checklist
c.
Kisi-kisi :
No.
|
Sikap/nilai
|
Butir Instrumen
|
1.
|
Menulis learning log tentang kesyukuran
berkesempatan belajar Bahasa Inggris
|
Lampiran
1
|
d.
Instrumen: lihat lampiran…
e.
Rubrik Penilaian
Sikap Spiritual
No
|
Indikator
|
Skor
|
1.
|
Menggunakan 8
kata positif dan dua diantaranya adalah kata “God” and “thank”
|
5
|
2.
|
Menggunakan 6
kata positif dan dua diantaranya adalah kata “God” and “thank”
|
4
|
3.
|
Menggunakan 4
kata positif dan dua diantaranya adalah kata “God” and “thank”
|
3
|
4.
|
Menggunakan 4
kata positif tanpa kata “God” and “thank”
|
2
|
5.
|
Menggunakan
kurang dari 4 kata positif dan dua diantaranya adalah kata “God” and “thank”
|
1
|
f.
Pedoman
Penskoran:
2)
Sikap sosial
a.
Teknik
Penilaian : Penilaian sejawat (antar teman)
b.
Bentuk
instrument : Lembar Peer Assesment
c.
Kisi-kisi :
No.
|
Sikap / nilai
|
Butir Instrument
|
1.
|
Memberikan
penilaian terhadap diri sendiri tentang nilai tanggung jawab
|
Lampiran 2
|
d.
Instrumen : lihat lampiran
…
e.
Rubrik
Penilaian Sikap Sosial
Keterangan:
= 2
always
=
1
often
= 0.5
seldom
Contoh
mencentang untuk seluruh pernyataan.
|
= 2 + 2 + 2 = Skor
6
|
|
= 2 + 2 + 1 =
Skor 5, dst.
|
Bila
Mencentang:
|
|
|
= 2 + 1 + 0.5
= Skor 3.5
|
f.
Pedoman
Penskoran
NA =
Konversi Kompetensi Pengetahuan,
Keterampilan dan Sikap.
Predikat
|
Nilai Kompetensi
|
||
Pengetahuan
|
Keterampilan
|
Sikap
|
|
A
|
4
|
4
|
SB
|
A-
|
3.66
|
3.66
|
|
B+
|
3.33
|
3.33
|
B
|
B
|
3
|
3
|
|
B-
|
2.66
|
2.66
|
|
C+
|
2.33
|
2.33
|
C
|
C
|
2
|
2
|
|
C-
|
1.66
|
1.66
|
|
D+
|
1.33
|
1.33
|
K
|
D-
|
1
|
1
|
3)
Pengetahuan
a.
Teknik
Penilaian : Tes Tertulis
b.
Bentuk
instrument : Pilihan Ganda
c.
Kisi-kisi :
No.
|
Indikator
|
Butir
Instrumen
|
1.
|
Disajikan
gambar tentang sapaan, pamitan, ucapan terima kasih, dan permintaan
maaf.
|
Soal No. 1
|
2.
|
Disajikan
gambar tentang sapaan, pamitan, ucapan terima kasih, dan permintaan
maaf.
|
Soal No. 2
|
3.
|
Disajikan
sebuah kalimat dengan beberapa kata yang digarisbawahi, peserta didik dapat
menentukan kata kerja yang digunakan dengan tepat.
|
Soal No. 3
|
4.
|
Disajikan
sebuah kalimat dengan beberapa kata yang digarisbawahi, peserta didik dapat
menentukan kata kerja yang digunakan dengan tepat.
|
Soal No. 4
|
5.
|
Disajikan
pernyataan yang menyatakan kegiatan sehari-hari, peserta didik dapat
menentukan gambarnya dengan tepat.
|
Soal No. 5
|
6.
|
Disajikan
sebuah kalimat yang tidak lengkap dan gambar yang relevan, peserta didik
dapat melengkapinya dengan kata kerja dengan tepat.
|
Soal No. 6
|
d.
Instrumen
lihat Lampiran 3 (tiga).
e.
Pedoman
penskoran: Setiap jawaban benar diberi skor 1 (satu)
NA =
Konversi Kompetensi Pengetahuan, Keterampilan
dan Sikap.
Predikat
|
Nilai Kompetensi
|
||
Pengetahuan
|
Keterampilan
|
Sikap
|
|
A
|
4
|
4
|
SB
|
A-
|
3.66
|
3.66
|
|
B+
|
3.33
|
3.33
|
B
|
B
|
3
|
3
|
|
B-
|
2.66
|
2.66
|
|
C+
|
2.33
|
2.33
|
C
|
C
|
2
|
2
|
|
C-
|
1.66
|
1.66
|
|
D+
|
1.33
|
1.33
|
K
|
D-
|
1
|
1
|
4)
Keterampilan
a.
Teknik
Penilaian : Unjuk Kerja
b.
Bentuk
Instrumen : Tes Keterampilan Menulis, Membaca, dan
Berbicara
c.
Kisi-kisi:
No.
|
Keterampilan/
Indikator
|
Butir
Instrumen
|
Menulis
|
|
|
1.
|
Disajikan
sebuah jawaban pesan singkat yang menyatakan dan menanyakan tindakan /
kejadian yang dilakukan secara rutin atau merupakan kebenaran umum, peserta
didik dapat menuliskan pesan singkat berbentuk pertanyaan dengan akurat,
runtut, dan berterima.
|
Soal No. 7
|
2.
|
Disajikan
sebuah pertanyaan pesan singkat yang menyatakan dan menanyakan tindakan /
kejadian yang dilakukan secara rutin atau merupakan kebenaran umum, peserta
didik dapat menuliskan jawaban pesan singkat dengan akurat, runtut, dan
berterima.
|
Soal No. 8
|
3.
|
Disajikan
sebuah teks sederhana tentang menyatakan dan menanyakan yang terjadi secara
rutin atau merupakan kebenaran umum serta 4 (empat) buah gambar, peserta
didik dapat menentukan salah satu gambar yang dideskripsikan dengan tepat.
|
Soal No. 9
|
4.
|
Diperdengarkan
sebuah teks sederhana tentang manyatakan dan menanyakan tindakan / kejadian
yang dilakukan secara rutin atau merupakan kebenaran umum dan 4 (empat) buah
gambar, peserta didik dapat menentukan salah satu gambar yang dideskripsikan
dengan tepat.
|
Soal No. 10
|
5.
|
Disajikan
sebuah situasi sederhana, peserta didik dapat menanyakan sebuah tindakan /
kegiatan yang dilakukan secara rutin dengan lancer, runtut, dan berterima.
|
Soal No. A. 1
|
6.
|
Disajikan
sebuah situasi sederhana, peserta didik dapat menyatakan sebuah tindakan / kegiatan
yang dilakukan secara rutin dengan lancer, runtut, dan berterima.
|
Soal No. A. 2
|
7.
|
Peserta didik
dapat mengungkapkan sebuah tindakan rutinitas secara lisan di depan kelas
dengan akurat, lancer, dan berterima.
|
Soal No. A. 3
|
8.
|
Peserta didik
dapat menuliskan tindakan rutinitas dalam bentuk teks sangat sederhana secara
akurat, runtut, dan berterima.
|
Soal No. B
|
d.
Instrumen:
lihat Lampiran4…
e.
Rubrik
Tes Keterampilan Menulis (Soal No. 7 dan 8)
No
|
Aspek yang dinilai
|
Kriteria
|
Skor
|
1.
|
Kesesuai isi dengan tujuan penulisan
pesan
|
100% isi
sesuai
|
5
|
80% isi sesuai
|
4
|
||
60% isi sesuai
|
3
|
||
40% isi sesuai
|
2
|
||
20% isi sesuai
|
1
|
||
2.
|
Pilihan kata
|
100% pilihan
kata tepat
|
5
|
80% pilihan
kata tepat
|
4
|
||
60% pilihan
kata tepat
|
3
|
||
40% pilihan
kata tepat
|
2
|
||
20% pilihan
kata tepat
|
1
|
||
3.
|
Penulisan kosa kata
|
100% penulisan
kosa kata tepat
|
5
|
80% penulisan
kosa kata tepat
|
4
|
||
60% penulisan
kosa kata tepat
|
3
|
||
40% penulisan
kosa kata tepat
|
2
|
||
20% penulisan
kosa kata tepat
|
1
|
||
4.
|
Ketepatan tata bahasa
|
100% penulisan
tata Bahasa tepat
|
5
|
80% penulisan
tata Bahasa tepat
|
4
|
||
60% penulisan
tata Bahasa tepat
|
3
|
||
40% penulisan
tata Bahasa tepat
|
2
|
||
20% penulisan
tata Bahasa tepat
|
1
|
f.
Pedoman
Penskeron:
NA =
Konversi Kompetensi Pengetahuan,
Keterampilan dan Sikap.
Predikat
|
Nilai Kompetensi
|
||
Pengetahuan
|
Keterampilan
|
Sikap
|
|
A
|
4
|
4
|
SB
|
A-
|
3.66
|
3.66
|
|
B+
|
3.33
|
3.33
|
B
|
B
|
3
|
3
|
|
B-
|
2.66
|
2.66
|
|
C+
|
2.33
|
2.33
|
C
|
C
|
2
|
2
|
|
C-
|
1.66
|
1.66
|
|
D+
|
1.33
|
1.33
|
K
|
D-
|
1
|
1
|
g.
Konversi
keterampilan membaca dan mendengarkan, soal No. 8 – 10. Setiap jawaban benar
diberi skor 1 (satu)
NA =
Konversi Kompetensi Pengetahuan,
Keterampilan dan Sikap.
Predikat
|
Nilai Kompetensi
|
||
Pengetahuan
|
Keterampilan
|
Sikap
|
|
A
|
4
|
4
|
SB
|
A-
|
3.66
|
3.66
|
|
B+
|
3.33
|
3.33
|
B
|
B
|
3
|
3
|
|
B-
|
2.66
|
2.66
|
|
C+
|
2.33
|
2.33
|
C
|
C
|
2
|
2
|
|
C-
|
1.66
|
1.66
|
|
D+
|
1.33
|
1.33
|
K
|
D-
|
1
|
1
|
h.
Rubrik
untuk penilaian keterampilan berbicara. Lampiran 4 Part Three, bagian A.
ASPEK
|
KETERANGAN
|
SKOR
|
Pelafalan
|
·
Sangat jelas sehingga mudah dipahami
·
Mudah dipahami meskipun pengaruh Bahasa ibu dapat
dideteksi
·
Ada masalah pengucapan sehingga pendengar perlu
konsentrasi penuh
·
Ada masalah pengucapan yang serius sehingga tidak
bisa dipahami
|
4
3
2
1
|
Tata Bahasa
|
·
Tidak ada atau sedikit kesalahan tata Bahasa
·
Kadang-kadang ada kesalahan tapi tidak
mempengaruhi makna
·
Sering membuat kesalahan sehingga makna sulit
dipahami
·
Kesalahan tata Bahasa sangat parah sehingga tidak bisa
dipahami
|
4
3
2
1
|
Kosa Kata
|
·
Menggunakan kosa kata dan ungkapan yang tepat
·
Kadang-kadang menggunakan kosa kata yang kurang
tepat sehingga harus menjelaskan lagi
·
Sering mennggunakan kosa kata yang tidak tepat
·
Kosa kata sangat terbatas sehingga percakapan
tidak mungkin terjadi
|
4
3
2
1
|
Kelancaran
|
·
Sangat lancar
·
Kelancaran sedikit terganggu oleh masalah Bahasa
·
Sering ragu-ragu dan terhenti karena terbatsan
Bahasa
·
Bicara terputus-putus dan terhenti sehingga
percakapan tidak mungkin terjadi
|
4
3
2
1
|
i.
Pedoman
Penskeron:
NA =
Konversi Kompetensi Pengetahuan,
Keterampilan dan Sikap.
Predikat
|
Nilai Kompetensi
|
||
Pengetahuan
|
Keterampilan
|
Sikap
|
|
A
|
4
|
4
|
SB
|
A-
|
3.66
|
3.66
|
|
B+
|
3.33
|
3.33
|
B
|
B
|
3
|
3
|
|
B-
|
2.66
|
2.66
|
|
C+
|
2.33
|
2.33
|
C
|
C
|
2
|
2
|
|
C-
|
1.66
|
1.66
|
|
D+
|
1.33
|
1.33
|
K
|
D-
|
1
|
1
|
................, .............................. 20...
Mengetahui
Kepala SMP... Guru
Mata Pelajaran
Lampiran 2: Instrumen Penilaian Sikap Sosial
SELF ASSESSMENT
Name : ………………………………………………………………………………
Day/date : ………………………………………………………………………………
Tick the
suitable pictures to describe your responsibility.
1.
I take responsibility for action of others when I am
in charge.
2.
I admit when I make a mistake.
3.
I do not blame others for my actions.
4.
I do the things I say will do without anybody
telling me to.
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Lampiran 3: Instrumen Penilaian Pengetahuan
Part one: Choose the best answer.
1)
I get up at 4.00 and
have bath at 5.00 o’clock. After that have breakfast at 6.00 o’clock. I go
to office at 6.20 and arrive at 6.50.
|
I get up at 3.50 and
have bath at 4.45 o’clock. After that have breakfast at 6.00 o’clock. I go
to hospital at 6.00 and arrive at 6.50.
|
They are ………. their habitually.
A. Showing
B. Describing
C. Explaining
D. Inviting
You know that my wife
gets up at 4.00 o’clock. She wakes me up after her. She ask me to wake our
children up. And we have breakfast at 6.15 in dining room.
|
My children get up at
4.15 and I prepare all menu for breakfast at 5.00 o’clock. Next we have
breakfast at 6.00 o’clock.
|
2)
They are …………… their daily activity.
A. Grouping
B. Imagining
C. Talking
D. Seeing
3)
Which word describes the activity?
Andri
and Renni go to school at 6.30 o’clockby motorcycle.
1 2 3 4
A. 4
B. 3
C. 2
D. 1
4)
My father always gets up
at 3.30 and prays at 4.05 in the mosque.
1 2 3
4
5 6
A. 1
and 2
B. 2
and 3
C. 2
and 4
D. 3
and 6
5)
I study English every night at 6.00
PM.
Which
the picture below that relates statement above?
A B C D
6)
Look at the picture. He ………. Fried
rice in the kitchen.
A.
Eats
B. Creates
C. Cooks
D. Sees
Lampiran
4: Instrumen Penilaian Keterampilan
Part
Two: Do the instructions.
7)
Ask what is your friend doing at
6.00 o’clock
|
I
am having breakfast with my family in dining room.
|
|
8)
Reply your sister’s short message!
|
What
time do you go to school? Oh my brother.
|
|
9)
Which is the picture below that
appropriate with statement.
He
helps my mother to buy vegetable in the market.
A.
B.
C.
D.
10) Listen
to the statement and choose the appropriate picture activity.
“My name is Dom, I have two sisters at home.
Every morning I get up at 4.00 o’clock.” (Listening Script)
A.
B.
C.
D.
Part Three: Do the instruction.
A.
Say
something in English on following occasions.
1.
You
want to ask your friend about their daily activities at home.
2.
You
want to say your friend about your activities at 5.00 o’clock.
3.
You
want to tell your friend about your activities after go home from school.
B.
Write
a very short and simple what your daily activities are.
MY DAILY ACTIVITIES
|