Kamis, 10 Juli 2014

RPP LISTENING SONG

6 komentar





RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Sekolah                   :  SMA N 2 Nganjuk
Tema/Mapel            :  Favorit song  / Bahasa Inggris
Kelas/Semester       :  X /2

I.                   Kompetensi Inti
1.      Menanggapi dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya
2.      Menghargai perilaku (jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli, santun, rasa ingin tahu, percaya diri, toleran, motivasi internal, pola hidup sehat, dan ramah lingkungan) dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam dalam jangkauan pergaulan dan keberadaannya
3.      Memahami pengetahuan (faktual, konseptual, dan prosedural) dalam ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan keagamaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait fenomena dan kejadian yang tampak mata
4.      Mencoba, mengolah dan menyaji berbagai hal dalam ranah konkret (menggunakan, mengurai, merangkai, memodifikasi, dan membuat) dan ranah abstrak (menulis, membaca, menghitung, menggambar dan mengarang) sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan dari berbagai sumber lain yang sama dalam sudut pandang/teori

II.                Kompetensi Dasar
1.1                  Mensyukuri kesempatan dapat mempelajari bahasa Inggris sebagai bahasa   pengantar komunikasi internasional.
2.3                   Menghargai perilaku tanggung jawab, peduli, kerjasama dan cinta damai,     dalam melaksanakan komunikasi fungsional
3.11       Menyebutkan fungsi sosial dan unsur kebahasaan dalam lagu
4.16        Menangkap pesan dalam lagu

III.             Indikator
1.      Spiritual
mensyukuri anugerah Tuhan akan keberadaan bahasa Inggris sebagai bahasa pengantar komunikasi internasional
2.      Sosial
melakukan sikap yang bertanggung jawab, peduli, kerjasama dan cinta damai, dalam melaksanakan komunikasi fungsional secara konsisten
3.      Pengetahuan
Memahami, menerapkan, menganalisis pengetahuan faktual, konseptual, prosedural berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan,  kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah.
4.      Ketrampilan
Mengolah, menalar,  dan menyaji  dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri, dan mampu  menggunakan metode sesuai kaidah keilmuan







IV.             Tujuan
1.      Spiritual
Setelah proses pembelajaran peserta didik mensyukuri kesempatan dapat mempelajari bahasa Inggris sebagai bahasa Internasional secara konsisten
2.      Sosial
Setelah mengamati dan mendiskusikan teks lisan dan tulis tentang deskripsi tempat, peserta didik berperilaku tanggung jawab, peduli, kerjasama dan cinta damai, dalam melaksanakan komunikasi fungsional secara konsisten
3.      Pengetahuan
Setelah mengamati dan mendiskusikan teks lisan dan tulis tentang deskripsi tempat, peserta didik dapat menjelaskan fungsi sosial, struktur teks dan unsur kebahasaan secara tepat.
4.      Ketrampilan
Setelah memahami dan mendiskusikan teks interpersonal lisan dan tulis, peserta didik dapat mengolah, menalar,  dan menyaji  dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri, dan mampu  menggunakan metode sesuai kaidah keilmuan


V.                Materi Pembelajaran
             Fakta  : Teks lagu
           
            Konsep
            Fungsi sosial: Menghibur, mengungkapkan perasaan, mengajarkan pesan moral

            Prosedur
            Unsur kebahasaan:
1.       Kata, ungkapan, dan tata bahasa dalam karya seni berbentuk lagu.
2.       Ejaan dan tulisan tangan dan cetak yang jelas dan rapi.
3.    Ucapan, tekanan kata, intonasi, ketika mempresentasikan secara lisan

VI.             Sumber/Media Pembelajaran
1.      Sumber                        :  
·         Audio CD/ VCD/DVD
·         Koran/ majalah berbahasa Inggris
·         www.dailyenglish.com
2.      Media Pembelajaran  : Audio, White Board, Board marker, work sheet

VII.          Metode Pembelajaran
1.      Pendekatan      :   scientific approach
2.      Metode              :  Project-based Learning
3.      Teknik               :  ceramah, diskusi, tanya jawab, pemberian tugas

VIII.       Langkah Pembelajaran
FASE
KEGIATAN PEMBELAJARAN
WAKTU
Pendahuluan
a.       Peserta didik merespon salam dan pertanyaan dan guru dengan kondisi dan pembelajaran sebelumnya.
b.      Peserta didik menerima informasi tentang keterkaitan pembelajaran sebelumnya dengan pembelajaran yang akan dilaksanakan.
c.       Peserta didik menerima informasi kompetensi, materi, tujuan, manfaat, dan langkah pembelajaran yang akan dilaksanakan
5 menit
Kegiatan
Inti
a.         Mengamati
·      mendengarkan/membaca beberapa lirik lagu berbahasa Inggris
·     menyalin lirik lagu yang diperdengarkan
·      menirukan penguncapan kata-kata yang dianggap masih sulit.
·     menyanyikan sesuai dengan lagu yang didengar
b.        Menanya
·         mempertanyakan perbedaan pesan yang ada dalam lagu bahasa Inggris, dan lagu dalam bahasa Indonesia.
·         memperoleh pengetahuan tambahan tentang kosa kata dan pesan dalam lagu
c.         Menalar
·          berdiskusi tentang pesan lagu yang didengar
d.        Mencoba
·         membanding-kan pesan yang terdapat dalam lagu yang dibaca/ didengar yang sudah di siapkan olrh guru
·         menganalisis pesan di dalam sebuah lagu yg sudah di perdengarkan
e.         Mengkomunikasikan
·         melaporkan hasil analisis tentang pesan di dalam lagu-lagu tersebut
5 menit






5 menit



10 menit


5 menit



10 menit
Penutup
a.      Peserta didik bersama guru menyimpulkan pembelajaran.
b.     Peserta didik melakukan refleksi terhadap kegiatan yang sudah dilakukan
c.      Peserta didik menjawab pertanyaan yang  diberikan oleh guru

5 menit

IX.             Penilaian (Instrumen penilaian terlampir)
1.      Penilaian sikap
2.      Penilaian pengetahuan
3.      Penilaian ketrampilan


Kediri, 17 mei 2014

Disetujui oleh Instruktur                                                            Guru Kelas



Saiful, S.Pd., M.Pd.                                                                   Arief Tristian




LAMPIRAN 1
LKS (Lembar Kerja Siswa)
ACTIVITY 1
      Observe the audio


 






ACTIVITY 2
     Task 1
            Complete these sentences based on the audio

JUST THE WAY YOU ARE
BY BRUNO MARS
Her eyes, her eyes
Make the stars look like they’re not
…….. (1)
Her hair, her hair
Falls
…….(2) without her trying
She’s so ……….(3)
And I tell her every day

I know, I know
When I compliment her
She wont
…….(4) me
And its so, its so
Sad to think she don’t see what I see
But …………(5) she asks me do I look okay I say

When I see your face
There’s not a thing that I would
…….(6)
Cause you’re
………(7)
Just the way you are
And when you
……..(8)
The whole world
…….(9) and ……(10) for awhile
Cause girl you’re amazing
Just the way you are

    Task 2
            Find the meaning of this word



Shining
compliment    
Sad
whole
stares
amazing







      Task 3
Make a group (3-4 students each group) ! Work and disscuss with your group to describe what the song talk about? And the message which you get from the song.

.
ACTIVITY 3
            Present your work in front of the class !















































KUNCI JAWABAN

ACTIVITY 2          

      Task 1

JUST THE WAY YOU ARE
BY BRUNO MARS
Her eyes, her eyes
Make the stars look like they’re not shining
(1)
Her hair, her hair
Falls perfectly
(2) without her trying
She’s so beautiful (3)
And I tell her every day

I know, I know
When I compliment her
She wont believe
(4) me
And its so, its so
Sad to think she don’t see what I see
But every (5)time she asks me do I look okay I say

When I see your face
There’s not a thing that I would change
(6)
Cause you’re amazing
(7)
Just the way you are
And when you smile
(8)
The whole world stop
s (9) and stares (10) for awhile
Cause girl you’re amazing
Just the way you are

      Task 2
Shining                : bersinar, gemerlap, gemilang
Compliment         : pujian, salam, memberi pujian
Sad                      : sedih, menyedihkan
whole                   : seluruh, sepenuhnya
stares                   : pandangan, tatapan
amazing               : mengagumkan


      Task 3
That song talk about someone who really loved in the first sight. This song have created for a woman or anybody else you may not be perfect but to him you are, he likes her just how you are. he doesn't want or need her to change anything. your beautiful and amazing , he's never seen anything like her before.





LAMPIRAN 2

Penilaian
      1.   Penilaian Sikap

No
Aspek yang dinilai
Teknik
Penilaian
Waktu
Penilaian
Instrumen
Penilaian
Keterangan
1
2
3
4
5
6
7
8
Rasa hormat
Jujur
Peduli
Berani
Percaya diri
Komunikatif
Peduli sesama
Ingin tahu
Pengamatan
Proses
Lembar  Pengamatan


2. Penilaian Pengetahuan

Indikator
Pencapaian
Kompetensi
Teknik
Penilaian
Bentuk
Penilaian
Instrumen
memahami fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan dari teks lisan dan tulis untuk menyebut nama bangunan publik yang dekat dengan kehidupan peserta didik sehari-hari
Unjuk kerja
Lisan dan tulis
1.    Mention the public places that you can see from the picture above
2.    Decide wether the following sentence is true or false
a.    The museum is next to the supermarket
b.    The hotel is near the river
c.    The cinema is next to the library
d.   The supermarket is in front of the museum
e.    The cafe is behind the school


3.      Penilaian praktek

Indikator
Pencapaian
Kompetensi
Teknik
Penilaian
Bentuk
Penilaian
Instrumen
menyusun teks lisan dan tulis untuk menyebutkan nama binatang, benda, dan bangunan publik yang dekat dengan kehidupan peserta didik sehari-hari, dengan unsur kebahasaan yang benar dan sesuai konteks
Unjuk kerja
Presentasi
Choose the pictures given to create a map of our town. Stick the pictures that you choose on the board paper which has been prepared by your teacher. After all the groups have finished it, each group give presentation in front of the class
LAMPIRAN   :
Rubrik Penilaian dari Segi Sikap (attitude)
a. Rasa hormat (respect)
5 = Tidak pernah menunjukkan sikap tidak hormat
4 = Pernah menunjukkan sikap tidak hormat
3 = Beberapa kali menunjukkan sikap tidak hormat
2 = Sering menunjukkan sikap tidak hormat
1 = Sangat sering menunjukkan tidak hormat
b. Jujur (honest)
5 = Tidak pernah menunjukkan sikap tidak jujur
4 = Pernah menunjukkan sikap tidak jujur
3 = Beberapa kali menunjukkan sikap tidak jujur
2 = Sering menunjukkan sikap tidak jujur
1 = Sangat sering menunjukkan sikap tidak jujur
c. Peduli (care)
5 = Tidak pernah menunjukkan sikap tidak peduli
4 = Pernah menunjukkan sikap tidak peduli
3 = Beberapa kali menunjukkan sikap tidak peduli
2 = Sering menunjukkan sikap tidak peduli
1 = Sangat sering menunjukkan sikap tidak peduli
d. Berani (brave)
5 = Tidak pernah menunjukkan sikap tidak berani
4 = Pernah menunjukkan sikap tidak berani
3 = Beberapa kali menunjukkan sikap tidak berani
2 = Sering menunjukkan sikap tidak berani
1 = Sangat sering menunjukkan sikap tiodak berani
e. Percaya diri (confidence)
5 = Tidak pernah menunjukkan sikap tidak percaya diri
4 = Pernah menunjukkan sikap tidak percaya diri
3 = Beberapa kali menunjukkan sikap tidak percaya diri
2 = Sering menunjukkan sikap tidak percaya diri
1 = Sangat sering menunjukkan sikap tidak percaya diri
f. Berkomunikasi baik (communicative)
5 = Tidak pernah menunjukkan sikap tidak komunikatif
4 = Pernah menunjukkan sikap tidak komunikatif
3 = Beberapa kali menunjukkan sikap tidak komunikatif
4 = Sering menunjukkan sikap tidak komunikatif
5 = Sangat sering menunjukkan sikap tidak komunikatif
g. Peduli sosial (social awareness)
5 = Tidak pernah menunjukkan sikap tidak peduli sosial
4 = Pernah menunjukkan sikap tidak peduli sosial
3 = Beberapa kali menunjukkan sikap tidak peduli sosial
2 = Sering menunjukkan sikap tidak peduli sosial
1 = Sangat sering menunjukkan sikap tidak peduli sosial
h. Ingin tahu (curiosity)
5 = Tidak pernah menunjukkan sikap tidak ingin tahu
4 = Pernah menunjukkan sikap tidak ingin tahu
3 = Beberapa kali menunjukkan sikap tidak ingin tahu
2 = Sering menunjukkan sikap tidak ingin tahui
1 = Sangat sering menunjukkan sikap tidak ingin tahu



Rubrik Penilaian dari Aspek Pengetahuan (knowledge)
a. Kosa kata (vocabulary)
5 = Hampir sempurna
4 = Ada kesalahan tapi tidak mengganggu makna
3 = Ada kesalahan dan mengganggu makna
2 = Banyak kesalahan dan menganggu makna
1 = Terlalu banyak kesalahan sehinngga sulit dipahami.
b. Kelancaran (fluency)
5 = Sangat lancar
4 = Lancar
3 = Cukup lancar
2 = Kurang lancar
1 = Tidak lancar
c. Ketelitian (accuracy)
5 = Sangat teliti
4 = Teliti
3 = Cukup teliti
2 = Kurang teliti
1 = Tidak teliti
d. Pengucapan (pronunciation)
5 = Hampir sempurna
4 = Ada kesalahan tapi tidak mengganggu makna
3 = Ada beberapa kesalahan dan mengganggu makna
2 = Banyak kesalahan dan mengganggu makna
1 = Terlalu banyak kesalahan sehingga sulit untuk dipahami
e. Intonasi (intonation)
5 = Hampir sempurna
4 = Ada beberapa kesalahan tapi tidak mengganggu makna
3 = Ada beberapa kesalahan dan mengganggu makna
2 = Banyak kesalahan dan mengganggu makna
1 = Terlalu banyak kesalahan sehingga sulit dipahami
f. Pemahaman (understanding)
5 = Sangat memahami
4 = Memahami
3 = Cukup memahami
2 = Kurang memahami
1 = Tidak memahami
g. Pilihan kata (diction)
5 = Sangat variatif dan tepat
4 = Variatif dan tepat
3 = Cukup variatif dan tepat
2 = Kurang variatif dan tepat
1 = Tidak variatif dan tepat







Rubrik Penilaian Praktek

Kriteria

Jika respon benar, ucapan benar, intonasi benar, dan pengucapan lancar.

Jika respon benar, ucapan benar, intonasi benar, dan pengucapan lancar.

Jika respon benar, ucapan benar, intonasi benar, dan pengucapan tidak lancar.

Jika respon benar, ucapan benar, intonasi salah, dan pengucapan tidak lancar.

Jika respon kurang tepat, ucapan salah, intonasi salah, dan pengucapan tidak lancar.
Nilai
Excelent
5
Very Good
4
Good
3
Fair
2
Poor
1

Lampiran 1 : Format Penilaian Individu

Nama Kegiatan                       : .....................................
Tanggal Pelaksanaan               : .....................................
Nama                                       : .....................................
NIS                                         : .....................................

No
Aspek yang Dinilai
Nilai
Sikap (attitude)
1
Ingin tahu

2
Percaya diri

3
Jujur




Perilaku (action)
1
Kerja sama

2
Melakukan tindak komunikasi yang tepat




Pengetahuan (knowledge)

1
Pengucapan

2
Kelancaran

3
Intonasi




Total

Rata-Rata







6 Responses so far.

  1. Awesome, thanks for the post. this one is really helping me out.

  2. thank you for this post bro

  3. Thanks for this post bro and allow me to take this one

  4. Nice post, it's very usefull for making lesson plan.

Leave a Reply

 
ENGLISH EDUCATION © 2011 DheTemplate.com & Main Blogger . Supported by Makeityourring Diamond Engagement Rings

You can add link or short description here