Sabtu, 16 Agustus 2014

RPP NEWS ITEM

0 komentar




RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)

Nama satuan pendidikan      : SMA Negeri  1 Tanjunganom
Mata Pelajaran                      : Bahasa Inggris
Kelas/semester                       : XII/2
Materi pokok                          : Teks berita sederhana.dari koran, radio, dan TV
Alokasi waktu                         : 1x pertemuan (2 Jp)

A.  Kompetensi Inti (KI)
1.      Menghayati dan mengamalkan  ajaran agama yang dianutnya
2.      Menghayati dan mengamalkan perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli (gotong royong, kerjasama, toleran, damai),  santun, responsif dan pro-aktif  dan menunjukkan sikap sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia
3.      Memahami, menerapkan, menganalisis pengetahuan faktual, konseptual, prosedural berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan,  kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah.
4.      Mengolah, menalar,  dan menyaji  dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri, dan mampu  menggunakan metoda sesuai kaidah keilmuan
B. Kompetensi Dasar dan Indikator
Kompetensi Dasar
Indikator
1.1 Mensyukuri kesempatan dapat mempelajari bahasa Inggris sebagai bahasa pengantar komunikasi internasional yang diwujudkan dalam semangat belajar.
1.1.4. Siswa menggunakan ungkapan terima kasih dalam situasi yang nyata.
2.1.   Menunjukkan perilaku santun dan peduli dalam melaksanakan komunikasi antar pribadi dengan guru dan teman.
2.1.1. Siswa menyapa orang-orang di sekitarnya dengan cara yang santun dan berterima.
3.9 Menganalisis fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan dari teks news item berbentuk berita sederhana dari koran/radio/TV, sesuai dengan konteks penggunaannya.
3.9.1 mengidentifikasi tujuan teks news item yang disajikan
3.9.2 mengidentifikasi nara sumber dari teks yang diberikan
3.9.3 Mengidentifikasi unsur kebahasaan yang digunakan dalam teks
3.9.4 mengidentifikasi situasi-situasi penting dalam kejadian yang terdapat dalam teks meliputi waktu, pelaku, dan waktu kejadian peristiwa
4.13 Menangkap makna dalam teks berita sederhana dari koran/radio/TV.
4.13.1 mengidentifikasi informasi tertentu dalam teks
4.13.2 menyimpulkan isi kejadian dari teks news item yang diberikan


C.    Tujuan Pembelajaran
Diperlihatkan sebuah teks news item siswa mampu:
1.      Mengidentifikasi gambaran umum teks tulis berbentuk news item dengan benar.
2.      Mengidentifikasi informasi tertentu dalam teks berbentuk news item dengan benar.
3.      Mengidentifikasi informasi tersurat dan tersirat dalam teks tulis berbentuk news item dengan benar.
4.      Menyimpulkan peristiwa dalam teks tulis berbentuk news item secara singkat dan berterima

D.    Materi Pembelajaran
Fungsi Sosial     : Menyampaikan informasi kepada pembaca, pemirasa, pendengar, berita yang menarik dan layak menjadi berita dan dengan cara pemberitaan yang mengundang perhatian.
Structure Texts         :
-          Kejadian yang menarik menjadi berita: ringkasan kejadian/peristiwa/kegiatan
-          Uraian kejadian/peristiwa/ kegiatan secara rinci, pihak yang terlibat atau terkait, waktu, tempat, dsb.
-          Penyebutan sumber berita: komentar, pernyataan, pendapat dari pihak terlibat/terkait, saksi, pihak berwenang, ahli, dsb., tentang yang diberitakan
Unsur Kebahasaan :
(1) Kata dan ungkapan yang menarik perhatian tentang isi berita pada judul (headline)
(2) Penghilangan kata-kata fungsional atau gramatikal (the, a, kata kerja bantu, dll.)
(3) Kalimat langsung dengan kutipan, dan kalimat tidak langsung.
(4) Kalimat pasif
(5) Adverbial dan frasa preposisional tentang waktu, tempat, cara, dll.
(6) Ejaan dan tulisan tangan dan cetak yang jelas dan rapi
(7) Ucapan, tekanan kata, intonasi, ketika mempresentasikan secara lisan.
Topik:   Kejadian, peristiwa, kegiatan yang menarik dan layak menjadi berita
E.     Metode Pembelajaran
Metode Ilmiah (Scientific Approach)

F.   Media, Alat, dan Sumber Pembelajaran
*        White Board, board marker
*        Pictures
*        Text
*        Laptop

G.      Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran

Nama Kegiatan
Kegiatan Pembelajaran
Waktu

Pendahuluan
10”

·         Peserta didik merespon salam dan pertanyaan dan guru dengan kondisi dan pembelajaran sebelumnya.
·         Peserta didik menerima informasi tentang keterkaitan pembelajaran sebelumnya dengan pembelajaran yang akan dilaksanakan.
·         Peserta didik menerima informasi kompetensi, materi, tujuan, manfaat, dan langkah pembelajaran yang akan dilaksanakan


Kegiatan Inti
70”
Mengamati






Menanya







Mengeksplorasi








Mengasosiasi









Mengkomunikasikan


·      Siswa membaca berbagai macam teks berita sederhana dari koran, radio, dan TV.
·      Siswa belajar membaca cepat untuk mendapatkan gambaran umum dari teks (skimming) dan menentukan jeda pada tempatnya untuk membaca dengan bermakna


·      Dengan bimbingan dan arahan guru, siswa mempertanyakan antara lain perbedaan antar berbagai teks berita (news item)yang ada dalam bahasa Inggris, perbedaan teks dalam bahasa Inggris dengan yang ada dalam bahasa Indonesia
·      Siswa mempertanyakan cara menemukan gagasan utama,  informasi tertentu dan informasi rinci dalam teks berita.


·      Siswa membaca berbagai berita koran
·      Siswa menggunakan strategi membaca cepat dalam membaca berita
·      Siswa membacakan teks berita  kepada teman dengan menggunakan unsur kebahasaan yang tepat
·      Siswa secara berkelompok membahas teks berita untuk menemukan berbagai informasi


·      Dalam kerja kelompok terbimbing siswa menganalis fungsi sosial, struktur, dan unsur kebahasaan dari teks berita yang dibaca
·      Siswa membahas pemilihan kata dan tata bahasa yang digunakan dalam teks berita
·      Siswa mengelola balikan (feedback) dari guru dan teman tentang hasil analis  tentang fungsi sosial, struktur, dan unsur kebahasaan dari teks berita yang disampaikan dalam kerja kelompok untuk memperbaiki tindakan

·      Siswa mempresentasikan hasil analisis kepada teman dan guru di depan kelas


Penutup
10

·        Peserta didik bersama guru menyimpulkan pembelajaran.
·        Peserta didik melakukan refleksi terhadap kegiatan yang sudah dilakukan
·        Peserta didik menjawab pertanyaan yang  diberikan oleh guru


H.    Penilaian (Instrumen penilaian terlampir)
1.      Penilaian sikap
2.      Penilaian pengetahuan
3.      Penilaian ketrampilan

Leave a Reply

 
ENGLISH EDUCATION © 2011 DheTemplate.com & Main Blogger . Supported by Makeityourring Diamond Engagement Rings

You can add link or short description here