(RPP)
Satuan
Pendidikan : SMPN 1 Nganjuk
Mata
Pelajaran : Bahasa
Inggris
Kelas/Pelajaran :
VIII
Materi
Pokok : Teks Instruksi Lisan
Alokasi Waktu : 1 pertemuan (2 JP)
A. Kompetensi
Inti
KI 1 : Menghargai dan menghayati ajaran agama yang
dianutnya.
KI 2 : Menghargai dan menghayati perilaku
jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli
(toleransi, gotong royong), santun, percaya diri, dalam berinteraksi
secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam dalam jangkauan pergaulan dan
keberadaannya.
KI 3 : Memahami pengetahuan (faktual,
konseptual, dan prosedural) berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan,
teknologi, seni, budaya terkait fenomena dan kejadian tampak mata.
KI 4 : Mencoba, mengolah, dan menyaji
dalam ranah konkret (menggunakan, mengurai,
merangkai, memodifikasi, dan membuat) dan ranah abstrak (menulis, membaca, menghitung,
menggambar, dan mengarang) sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber
lain yang sama dalam sudut pandang/teori.
B.
Kompetensi Dasar dan Indikator Pencapaian Kompetensi
No.
|
Kompetensi Dasar
|
Indikator Pencapaian Kompetensi
|
1.
|
1.1 Mensyukuri kesempatan dapat mempelajari bahasa
Inggris sebagai bahasa pengantar komunikasi international yang diwujudkan dalam semangat belajar.
|
1.1.1 Menulis learning log yang mengungkapkan
rasa syukur atas kesempatan dapat belajar bahasa Inggris
|
2.
|
2.2 Menunjukkan
perilaku jujur, disiplin, percaya diri, dan bertanggung jawab dalam melaksanakan
komunikasi transaksional dengan guru dan teman.
|
2.2.1
Bertanggung jawab atas tindakan anggotanya saat menjadi pemimpin kelompok.
2.2.2
Mengakui ketika membuat kesalahan.
2.2.3
Tidak menyalahkan orang lain atas tindakannya sendiri.
2.2.4
Melakukan hal-hal yang dikatakan akan dikerjakan tanpa diingatkan orang lain.
|
3.
|
3.3 Menerapkan struktur teks dan unsur
kebahasaan untuk melaksanakan fungsi sosial dari ungkapan memberi instruksi, mengajak,
melarang, minta ijin, serta cara responnya, sesuai dengan konteks penggunaannya.
|
3.3.1 Mengidentifikasi ciri-ciri ungkapan memberi instruksi.
3.3.2
Mengucapkan macam-macam bentuk instruksi
dengan memperhatikan ucapan,
tekanan kata dan intonasi.
|
4.
|
4.3 Menyusun teks lisan
dan tulis sederhanauntuk menyatakan, menanyakan, dan merespon ungkapan
memberi instruksi, mengajak, melarang, dan minta ijin, dengan memperhatikan
fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan yang benar dan sesuai
konteks.
|
4.3.1 Menyusun instruksi secara lisan.
.
|
C.
Tujuan Pembelajaran
Setelah
melaksanakan serangkaian kegiatan pembelajaran, siswa dapat:
1. Mengidentifikasi macam-macam bentuk instruksi.
2. Mengucapkan instruksi dengan intonasi yang jelas.
3.
Menyusun
teks instruksi secara lisan.
D. Materi
Pembelajaran
Fungsi Sosial : Untuk
menjaga hubungan interpersonal dengan guru dan teman
Structure Texts :
Memberi
instruksi :
· Come in, please!
Thank you.
· Put the book on the table!
Allright.
Unsur kebahasaan :
(1) Kata ganti kepunyaan
My, your, our,
their, her. his, its
Mine, yours,
ours, theirs, hers, his, its.
(2)
kata ganti subjek
I, you, we,
they, he, she, it
(3)
Ucapan, tekanan
kata, intonasi, ejaan, tulisan tangan yang rapi
Topik : Berbagai hal terkait dengan interaksi antara guru
dan siswa selama proses pembelajaran,
di dalam maupun di luar kelas
E.
Metode Pembelajaran
1. Metode
Ilmiah (Scientific Approach)
F.
Media, Alat, dan Sumber Pembelajaran
Gambar
Power point slides
G.
Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran
Pendahuluan (10 menit)
|
|
Tahap
|
Kegiatan
|
Salam
tegur sapa
|
·
Apersepsi dan motivasi
·
Penyampaian tujuan pembelajaran
·
Penyampaian cakupan materi dan uraian kegiatan
|
Kegiatan inti (70 menit)
|
|
Observing
|
|
Teacher
|
Student
|
·
Guru menampilkan contoh
memberi instruksi beserta responnya.
|
·
Siswa mendengarkan/ menonton
interaksi memberi instruksi serta cara responsnya,
· Siswa menirukan model interaksi memberi instruksi
·
Dengan
bimbingan dan arahan guru, siswa mengidentifikasi ciri-ciri ungkapan memberi instruksi (fungsi sosial, struktur teks, dan unsur bahasa).
|
Questioning
|
|
Teacher
|
Student
|
· Guru memberi umpan agar murid bertanya tentang hal yang belum di
mengerti
|
·
Dengan
bimbingan dan arahan guru, siswa mempertanyakan berbagai ungkapan memberi
instruksi serta cara responnya dalam berbagai konteks.
|
Exploring
|
|
Teacher
|
Student
|
· Guru memberi situasi yang berbeda tentang instruksi kepada murid lalu mempraktekkannya.
|
·
Siswa memberi
instruksi serta meresponsnya menggunakan Bahasa Inggris dalam konteks role-play yang terstruktur.
|
Associating
|
|
Teacher
|
Student
|
·
Guru meminta murid untuk
membuat kelompok dan berdiskusi tentang memberi instruksi beserta responnya.
|
·
Dalam kerja kelompok
terbimbing siswa menganalisis fungsi sosial, makna dan fungsi ungkapan,
struktur teks, dan unsur kebahasaan dari ungkapan:
memberi instruksi serta cara responsnya,.
·
Siswa memperoleh balikan (feedback)
dari guru dan teman tentang setiap yang dia sampaikan dalam kerja kelompok.
|
Communicating
|
|
Teacher
|
Student
|
·
Guru menyuruh murid untuk mempresentasikan
hasil dari kerja kelompok tentang memberi instruksi dan beserta responnya
secara singkat di depan kelas.
|
·
Siswa mempresentasikan dengan
mempraktek kan hasil dari kerja kelompok dengan teman tentang instruksi
serta cara responsnya dengan bahasa Inggris.
|
Penutup
(10 menit)
|
|
Penutup
|
·
Menyimpulkan hal-hal yang telah dipelajari
·
Penugasan
·
Menyampaikan rencana kegiatan yang akan dating
|
H.
PENILAIAN
A. Penilaian
Sikap
Kriteria
|
Skor
|
Siswa mengerti dan memahami dari gambar yang
telah diberikan dalam tugas instruksi dan mengucapkan dengan baik dan benar
|
90 -100
|
Siswa mampu mengartikan teks instruksi dan mengucapkan tetapi kurang jelas dalam
pengucapan
|
70 - 80
|
Siswa menjawab tidak sesuai dengan gambar dan
salah dalam pengucapan
|
50 – 65
|
B. Penilaian
Pengetahuan
Bentuk : Test Tertulis
Jumlah Soal : 20 soal
Bobot nilai : 5 untuk setiap soal.
Nilai = Jumlah skor x 100
Skor Maksimal
C. Penilaian
Keterampilan
Kriteria
|
Skor
|
Siswa
mampu menjelaskan gambar dan mampu membuat teks instruksi dengan
baik dan benar
|
90- 100
|
Siswa
mampu menjelaskan gambar dan mampu membuat tek instruksi tetapi
kurang jelas dalam pengucapan
|
80-89
|
Siswa
mampu menjelaskan gambar tetapi tidak mampu membuat teks instruksi
|
70-79
|
Siswa
tidak mampu menjelaskan gambar dan tidak mampu membuat teks instruksi
|
60-69
|
Kediri, 11 Mei 2014
Mengetahui,
Mengetahui Kepala SMPN
1 Nganjuk
Guru Mata Pelajaran
____________________ ____________________
NIP. ... NIP. ...