Sabtu, 16 Agustus 2014

RPP _ Instruksi Lisan ( SPEAKING )

0 komentar



RENCANA PELAKSANAAN PEMBE`LAJARAN
(RPP)
­­­­­­­­­­­­Satuan Pendidikan            : SMPN 1 Nganjuk
Mata Pelajaran                   : Bahasa Inggris
Kelas/Pelajaran                  : VIII
Materi Pokok                       : Teks Instruksi Lisan
Alokasi Waktu                     : 1 pertemuan (2 JP)


A.       Kompetensi Inti
KI 1     :   Menghargai dan menghayati ajaran agama yang dianutnya.
KI 2     : Menghargai dan menghayati perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli      (toleransi, gotong royong), santun, percaya diri, dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam dalam jangkauan pergaulan dan keberadaannya.
KI 3     : Memahami pengetahuan (faktual, konseptual, dan prosedural) berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait fenomena dan kejadian tampak mata.
KI 4     : Mencoba, mengolah, dan menyaji dalam ranah konkret (menggunakan,  mengurai, merangkai, memodifikasi, dan membuat) dan ranah abstrak (menulis, membaca, menghitung, menggambar, dan mengarang) sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber lain yang sama dalam sudut pandang/teori.

B.       Kompetensi Dasar dan Indikator Pencapaian Kompetensi
No.
Kompetensi Dasar
Indikator Pencapaian Kompetensi
1.
1.1  Mensyukuri kesempatan dapat mempelajari bahasa Inggris sebagai bahasa pengantar komunikasi international yang diwujudkan dalam semangat belajar.
1.1.1  Menulis learning log yang mengungkapkan rasa syukur atas kesempatan dapat belajar bahasa Inggris
2.
2.2 Menunjukkan perilaku jujur, disiplin, percaya diri, dan bertanggung jawab dalam melaksanakan komunikasi transaksional dengan guru dan teman.
2.2.1 Bertanggung jawab atas tindakan anggotanya saat menjadi pemimpin kelompok.
2.2.2 Mengakui ketika membuat    kesalahan.
2.2.3 Tidak menyalahkan orang lain atas tindakannya sendiri.
2.2.4 Melakukan hal-hal yang dikatakan akan dikerjakan tanpa diingatkan orang lain.
3.
3.3   Menerapkan struktur teks dan unsur kebahasaan untuk melaksanakan fungsi sosial dari ungkapan memberi instruksi, mengajak, melarang, minta ijin, serta cara responnya, sesuai dengan konteks penggunaannya.
3.3.1 Mengidentifikasi ciri-ciri ungkapan memberi instruksi.
3.3.2 Mengucapkan macam-macam bentuk instruksi dengan memperhatikan ucapan, tekanan kata dan intonasi.

4.
4.3 Menyusun teks lisan dan tulis sederhanauntuk menyatakan, menanyakan, dan merespon ungkapan memberi instruksi, mengajak, melarang, dan minta ijin, dengan memperhatikan fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan yang benar dan sesuai konteks.
4.3.1 Menyusun instruksi secara  lisan.
.




C.        Tujuan Pembelajaran
Setelah melaksanakan serangkaian kegiatan pembelajaran, siswa dapat:
1.      Mengidentifikasi macam-macam bentuk instruksi.
2.      Mengucapkan instruksi dengan intonasi yang jelas.
3.         Menyusun teks instruksi secara lisan.

D.       Materi Pembelajaran
Fungsi Sosial              :  Untuk menjaga hubungan interpersonal dengan guru dan teman
   Structure Texts    :
    Memberi instruksi :
·      Come in, please!
    Thank you.
·      Put the book on the table!
    Allright.
Unsur kebahasaan :
(1)    Kata ganti kepunyaan
       My, your, our, their, her. his, its
       Mine, yours, ours, theirs, hers, his, its.
(2)     kata ganti subjek
       I, you, we, they, he, she, it
(3)    Ucapan, tekanan kata, intonasi, ejaan, tulisan tangan yang rapi

Topik   :  Berbagai hal terkait dengan interaksi antara guru dan siswa selama proses  pembelajaran, di dalam maupun di luar kelas

E.        Metode Pembelajaran

1.      Metode Ilmiah (Scientific Approach)

F.        Media, Alat, dan Sumber Pembelajaran
*      Gambar
*      Power point slides
G.       Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran
Pendahuluan (10 menit)
Tahap
Kegiatan
Salam tegur sapa
·     Apersepsi dan motivasi
·     Penyampaian tujuan pembelajaran
·     Penyampaian cakupan materi dan uraian kegiatan
Kegiatan inti (70 menit)
Observing

Teacher
Student
·    Guru menampilkan contoh memberi instruksi beserta responnya.





·   Siswa mendengarkan/ menonton interaksi memberi instruksi serta cara responsnya,
·   Siswa menirukan model interaksi memberi instruksi
·    Dengan bimbingan dan arahan guru, siswa mengidentifikasi ciri-ciri ungkapan  memberi instruksi (fungsi sosial, struktur teks, dan unsur bahasa).

Questioning

Teacher
Student
·   Guru memberi umpan agar murid bertanya tentang hal yang belum di mengerti
·      Dengan bimbingan dan arahan guru, siswa mempertanyakan berbagai ungkapan memberi instruksi serta cara responnya dalam berbagai konteks.
Exploring

Teacher
Student
· Guru memberi situasi yang berbeda tentang instruksi kepada murid lalu mempraktekkannya.
·      Siswa memberi instruksi serta meresponsnya menggunakan  Bahasa Inggris  dalam konteks role-play yang terstruktur.
Associating

Teacher
Student
· Guru meminta murid untuk membuat kelompok dan berdiskusi tentang memberi instruksi beserta responnya.
·      Dalam kerja kelompok terbimbing siswa menganalisis fungsi sosial, makna dan fungsi ungkapan, struktur teks, dan  unsur kebahasaan dari ungkapan: memberi instruksi serta cara responsnya,.
·      Siswa memperoleh balikan (feedback) dari guru dan teman tentang setiap yang dia sampaikan dalam kerja kelompok.
Communicating

Teacher
Student
·    Guru menyuruh murid untuk mempresentasikan hasil dari kerja kelompok tentang memberi instruksi dan beserta responnya secara singkat di depan kelas.
·      Siswa mempresentasikan dengan mempraktek kan hasil dari kerja kelompok dengan teman tentang  instruksi serta cara responsnya dengan bahasa Inggris.
Penutup (10 menit)
Penutup
·      Menyimpulkan hal-hal yang telah dipelajari
·      Penugasan
·      Menyampaikan rencana kegiatan yang akan dating




H.      PENILAIAN  
A.       Penilaian Sikap
Kriteria
Skor
Siswa mengerti dan memahami dari gambar yang telah diberikan dalam tugas  instruksi dan mengucapkan dengan baik dan benar
90 -100
Siswa mampu mengartikan teks  instruksi dan mengucapkan tetapi kurang jelas dalam pengucapan
70 - 80
Siswa menjawab tidak sesuai dengan gambar dan salah dalam pengucapan
50 – 65










B.      Penilaian Pengetahuan

Bentuk                 : Test Tertulis
Jumlah Soal          : 20 soal
Bobot nilai           : 5 untuk setiap soal.

  Nilai                     = Jumlah skor             x 100
                                  Skor Maksimal
C.       Penilaian Keterampilan

Kriteria
Skor
Siswa mampu menjelaskan gambar dan mampu membuat teks instruksi dengan baik dan benar
90- 100
Siswa mampu menjelaskan gambar dan mampu membuat tek instruksi tetapi kurang jelas dalam pengucapan
80-89
Siswa mampu menjelaskan gambar tetapi tidak mampu membuat teks instruksi
70-79
Siswa tidak mampu menjelaskan gambar dan tidak mampu membuat teks instruksi
60-69

Kediri, 11 Mei 2014
Mengetahui,
Mengetahui Kepala SMPN 1 Nganjuk                                              Guru Mata Pelajaran


____________________                                                                               ____________________
NIP. ...                                                                                                   NIP. ...

Leave a Reply

 
ENGLISH EDUCATION © 2011 DheTemplate.com & Main Blogger . Supported by Makeityourring Diamond Engagement Rings

You can add link or short description here