RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Sekolah : SMP
Tema/Mapel : Famous Place/ Bahasa
Inggris
Kelas/Semester : VII/1
Waktu : 1 × 40 menit
Hari :
I.
Kompetensi Inti
1.
Menanggapi dan mengamalkan ajaran agama
yang dianutnya
2.
Menghargai perilaku (jujur, disiplin,
tanggung jawab, peduli, santun, rasa ingin tahu, percaya diri, toleran,
motivasi internal, pola hidup sehat, dan ramah lingkungan) dalam berinteraksi
secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam dalam jangkauan pergaulan dan
keberadaannya
3.
Memahami pengetahuan (faktual,
konseptual, dan prosedural) dalam ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya,
dan humaniora dengan wawasan keagamaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban
terkait fenomena dan kejadian yang tampak mata
4.
Mencoba, mengolah dan menyaji berbagai
hal dalam ranah konkret (menggunakan, mengurai, merangkai, memodifikasi, dan
membuat) dan ranah abstrak (menulis, membaca, menghitung, menggambar dan
mengarang) sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan dari berbagai sumber
lain yang sama dalam sudut pandang/teori
II.
Kompetensi Dasar
1.1 Mensyukuri
kesempatan dapat mempelajari bahasa Inggris sebagai bahasa pengantar komunikasi
internasional.
2.3 Menghargai perilaku tanggung jawab, peduli,
kerjasama dan cinta damai, dalam melaksanakan komunikasi fungsional
3.5 Memahami fungsi sosial, struktur teks, dan
unsur kebahasaan dari teks lisan dan tulis untuk menyebut nama dan jumlah
binatang, benda, dan bangunan publik yang dekat dengan kehidupan peserta didik
sehari hari
4.5 Menyusun teks lisan dan tulis untuk
menyebutkan nama binatang, benda, dan bangunan publik yang dekat dengan kehidupan
peserta didik sehari hari, dan unsurkebahasaan yang benar dan sesuai dengan
konteks
III.
Indikator
1.
Spiritual
mensyukuri anugerah Tuhan akan keberadaan bahasa
Inggris sebagai bahasa pengantar komunikasi internasional
2.
Sosial
melakukan sikap yang bertanggung jawab, peduli,
kerjasama dan cinta damai, dalam melaksanakan komunikasi fungsional secara
konsisten
3.
Pengetahuan
memahami fungsi sosial,
struktur teks, dan unsur kebahasaan dari teks lisan dan tulis untuk menyebut
nama bangunan publik yang dekat dengan kehidupan peserta didik sehari-hari
4.
Ketrampilan
menyusun teks lisan dan tulis
untuk menyebutkan nama binatang, benda, dan bangunan publik yang dekat dengan
kehidupan peserta didik sehari-hari, dengan unsur kebahasaan yang benar dan
sesuai konteks
IV.
Tujuan
1. Spiritual
Setelah proses pembelajaran peserta didik mensyukuri
kesempatan dapat mempelajari bahasa Inggris sebagai bahasa Internasional secara
konsisten
2. Sosial
Setelah mengamati dan mendiskusikan
teks lisan dan
tulis tentang deskripsi tempat, peserta didik berperilaku tanggung jawab,
peduli, kerjasama dan cinta damai, dalam melaksanakan komunikasi fungsional
secara konsisten
3. Pengetahuan
Setelah mengamati dan mendiskusikan
teks lisan dan tulis tentang deskripsi tempat, peserta didik dapat menjelaskan fungsi sosial, struktur teks
dan unsur kebahasaan secara tepat.
4. Ketrampilan
Setelah memahami dan mendiskusikan
teks interpersonal lisan dan tulis, peserta didik dapat menyusun teks lisan dan
tulis untuk menyebutkan nama bangunan publik
yang dekat dengan kehidupan peserta sehari-hari, dengan unsur kebahasaan yang benar
dan sesuai konteks secarabaik
V.
Materi Pembelajaran
Teks
lisan dan tulis tentang mendeskripsikan tempat
1.
Fungsi sosial
a. Mengenalkan
b. Mengidentifikasi
2.
Struktur teks
a. Tempat
yang digambarkan
b. Ciri
ciri apa saja yang ada di tempat itu
3.
Unsur kebahasaan
a. Nama
bangunan umum: Paris,
Eiffel tower.
b. Kata
tanya : What? Which one? How many?
c. Penyebutan
kata benda singular dengan ‘a’ dan ‘the’ dan plural (-s)
d. Kata
ganti ‘it, they, this, that, those, these
e. Ungkapan
There is/are ....., Are there .....?
VI.
Sumber/Media Pembelajaran
1.
Sumber :
-
2.
Media Pembelajaran : Audio/Video, White
Board, Board marker
VII.
Metode Pembelajaran
1.
Pendekatan : scientific approach
2.
Metode
: Project-based Learning
3.
Teknik : ceramah, diskusi, tanya jawab, pemberian tugas
VIII. Langkah
Pembelajaran
FASE
|
KEGIATAN
PEMBELAJARAN
|
WAKTU
|
Pendahuluan
|
a. Peserta didik merespon salam dan pertanyaan dan
guru dengan kondisi dan pembelajaran sebelumnya.
b. Peserta didik menerima informasi tentang
keterkaitan pembelajaran sebelumnya dengan pembelajaran yang akan
dilaksanakan.
c. Peserta didik menerima informasi kompetensi,
materi, tujuan, manfaat, dan langkah pembelajaran yang akan dilaksanakan
|
5
menit
|
Kegiatan
Inti
|
a.
Mengamati
·
Peserta
didik melihat tayangan gambar yang
sudah di siapkan oleh guru
·
Dengan
bimbingan guru, peserta didik berdiskusi mencari kata/phrase yang ada pada gambar
b.
Menanya
Guru mengarahkan
peserta didik untuk bertanya mengenai materi atau bahan ajar tentang fungsi
sosial, ungkapan yang terkait dengan materi, dan unsur kebahasaan
c.
Menalar
·
Peserta
didik mengidentifikasi sebuah text yang
diberikan oleh guru
·
Dengan
bimbingan guru peserta didik mendiskusikan jawaban dari soal yang ada pada text.
d.
Mencoba
·
Peserta
didik secara berkelompok menentukan
tempat yang ingin di deskripsikan sesuai gambar yang di sediakan oleh guru
e.
Mengkomunikasikan
·
Peserta didik
mempresentasikan secara singkat hasil deskripsi yang telah
mereka buat secara lisan
·
Peserta didik memperoleh balikan dari guru dan teman tentang performa presentasi yang disampaikan disampaikan
|
5
menit
5
menit
5
menit
5
menit
10
menit
|
Penutup
|
a. Peserta didik bersama guru menyimpulkan pembelajaran.
b. Peserta didik melakukan refleksi terhadap kegiatan yang sudah dilakukan
c. Peserta didik menjawab pertanyaan yang
diberikan oleh guru
|
5
menit
|
IX.
Penilaian (Instrumen penilaian
terlampir)
1. Penilaian
sikap
2. Penilaian
pengetahuan
3. Penilaian
ketrampilan
Surakarta, 28 Agustus 2013
Disetujui
oleh Instruktur Guru
Kelas
Saiful,
S.Pd., M.Pd. Dewi
Apriliana Ujianti, S.Pd
LAMPIRAN
1
LKS (Lembar
Kerja Siswa)
ACTIVITY 1
Observe this picture !
ACTIVITY 2
Task
1
Read the text and answer the question
PARIS
Paris is the capital and
largest city in France, situated on the river Seine, in northern France. Today
it is one of the world’s leading business and cultural centers, and its infl
uences in politics, education, entertainment, media, fashion, science and the
arts all contribute to its status as one of the world’s major global cities.
Paris has many nicknames, but its most famous is “La Ville-Lumière” (“The City
of Light”), a name it owes first to its fame as a centre of education and ideas
during the Age of Enlightenment, and later to its early adoption of street
lighting.
·
Decide wether the following sentence is true or false based on the text
Sentence
|
True / False
|
1.
Paris
is the capital and largest city in France
2.
Paris located in the western
France
3.
Eiffel tower is famous
place in the Paris
4.
No one who want to go
there
5.
“The City of Light” is a
nickname of Paris
6.
Paris is early adoption of
stage light
|
|
Task
2
Make a group (4-5 students each group) !
Work and disscuss task below with your group Choose the
pictures given to describe that place.
ACTIVITY 3
Present your work in front of the class
!
KUNCI
JAWABAN
ACTIVITY 2
Task
1
1. True
2. False
3. True
4. True
5. True
6. False
Task
2
1. Based on the student’s creativity
For example :
Taj mahal is a beautiful mosque which regarded by many
as the finest example of Mughal architecture. This place located in the Agra
Uttar Pradesh, India. Taj Mahal became a UNESCO world heritage Site.
LAMPIRAN
2
Penilaian
1. Penilaian Sikap
No
|
Aspek yang dinilai
|
Teknik
Penilaian
|
Waktu
Penilaian
|
Instrumen
Penilaian
|
Keterangan
|
1
2
3
4
5
6
7
8
|
Rasa
hormat
Jujur
Peduli
Berani
Percaya diri
Komunikatif
Peduli sesama
Ingin tahu
|
Pengamatan
|
Proses
|
Lembar
Pengamatan
|
|
2. Penilaian
Pengetahuan
Indikator
Pencapaian
Kompetensi
|
Teknik
Penilaian
|
Bentuk
Penilaian
|
Instrumen
|
memahami fungsi sosial, struktur teks, dan unsur
kebahasaan dari teks lisan dan tulis untuk menyebut nama bangunan publik yang
dekat dengan kehidupan peserta didik sehari-hari
|
Unjuk kerja
|
Lisan dan tulis
|
1.
Mention the public places that you can see from
the picture above
2.
Decide wether the following sentence is true or false
a.
The museum is next to the supermarket
b.
The hotel is near the river
c.
The cinema is next to the library
d.
The supermarket is in front of the museum
e.
The cafe is behind the school
|
3. Penilaian praktek
Indikator
Pencapaian
Kompetensi
|
Teknik
Penilaian
|
Bentuk
Penilaian
|
Instrumen
|
menyusun teks lisan dan
tulis untuk menyebutkan nama binatang, benda, dan bangunan publik yang dekat
dengan kehidupan peserta didik sehari-hari, dengan unsur kebahasaan yang
benar dan sesuai konteks
|
Unjuk kerja
|
Presentasi
|
Choose the pictures given to create a map of our
town. Stick the pictures that you choose on the board paper which has been
prepared by your teacher. After all the groups have finished it, each group
give presentation in front of the class
|
LAMPIRAN :
Rubrik Penilaian dari Segi
Sikap (attitude)
a. Rasa hormat (respect)
5 =
Tidak pernah menunjukkan sikap tidak hormat
4 =
Pernah menunjukkan sikap tidak hormat
3 =
Beberapa kali menunjukkan sikap tidak hormat
2 =
Sering menunjukkan sikap tidak hormat
1 =
Sangat sering menunjukkan tidak hormat
b. Jujur (honest)
5 =
Tidak pernah menunjukkan sikap tidak jujur
4 =
Pernah menunjukkan sikap tidak jujur
3 =
Beberapa kali menunjukkan sikap tidak jujur
2 =
Sering menunjukkan sikap tidak jujur
1 =
Sangat sering menunjukkan sikap tidak jujur
c. Peduli (care)
5 =
Tidak pernah menunjukkan sikap tidak peduli
4 =
Pernah menunjukkan sikap tidak peduli
3 =
Beberapa kali menunjukkan sikap tidak peduli
2 =
Sering menunjukkan sikap tidak peduli
1 =
Sangat sering menunjukkan sikap tidak peduli
d. Berani (brave)
5 =
Tidak pernah menunjukkan sikap tidak berani
4 =
Pernah menunjukkan sikap tidak berani
3 =
Beberapa kali menunjukkan sikap tidak berani
2 =
Sering menunjukkan sikap tidak berani
1 =
Sangat sering menunjukkan sikap tiodak berani
e. Percaya diri (confidence)
5 =
Tidak pernah menunjukkan sikap tidak percaya diri
4 =
Pernah menunjukkan sikap tidak percaya diri
3 =
Beberapa kali menunjukkan sikap tidak percaya diri
2 =
Sering menunjukkan sikap tidak percaya diri
1 =
Sangat sering menunjukkan sikap tidak percaya diri
f. Berkomunikasi baik (communicative)
5 =
Tidak pernah menunjukkan sikap tidak komunikatif
4 =
Pernah menunjukkan sikap tidak komunikatif
3 =
Beberapa kali menunjukkan sikap tidak komunikatif
4 =
Sering menunjukkan sikap tidak komunikatif
5 =
Sangat sering menunjukkan sikap tidak komunikatif
g. Peduli sosial (social awareness)
5 =
Tidak pernah menunjukkan sikap tidak peduli sosial
4 =
Pernah menunjukkan sikap tidak peduli sosial
3 =
Beberapa kali menunjukkan sikap tidak peduli sosial
2 =
Sering menunjukkan sikap tidak peduli sosial
1 =
Sangat sering menunjukkan sikap tidak peduli sosial
h. Ingin tahu (curiosity)
5 =
Tidak pernah menunjukkan sikap tidak ingin tahu
4 =
Pernah menunjukkan sikap tidak ingin tahu
3 =
Beberapa kali menunjukkan sikap tidak ingin tahu
2 =
Sering menunjukkan sikap tidak ingin tahui
1 =
Sangat sering menunjukkan sikap tidak ingin tahu
Rubrik Penilaian dari
Aspek Pengetahuan (knowledge)
a. Kosa kata (vocabulary)
5 =
Hampir sempurna
4 =
Ada kesalahan tapi tidak mengganggu makna
3 =
Ada kesalahan dan mengganggu makna
2 =
Banyak kesalahan dan menganggu makna
1 =
Terlalu banyak kesalahan sehinngga sulit dipahami.
b. Kelancaran (fluency)
5 =
Sangat lancar
4 =
Lancar
3 =
Cukup lancar
2 =
Kurang lancar
1 =
Tidak lancar
c. Ketelitian (accuracy)
5 =
Sangat teliti
4 =
Teliti
3 =
Cukup teliti
2 =
Kurang teliti
1 =
Tidak teliti
d. Pengucapan (pronunciation)
5 =
Hampir sempurna
4 =
Ada kesalahan tapi tidak mengganggu makna
3 =
Ada beberapa kesalahan dan mengganggu makna
2 =
Banyak kesalahan dan mengganggu makna
1 =
Terlalu banyak kesalahan sehingga sulit untuk dipahami
e. Intonasi (intonation)
5 =
Hampir sempurna
4 =
Ada beberapa kesalahan tapi tidak mengganggu makna
3 =
Ada beberapa kesalahan dan mengganggu makna
2 =
Banyak kesalahan dan mengganggu makna
1 =
Terlalu banyak kesalahan sehingga sulit dipahami
f. Pemahaman (understanding)
5 = Sangat memahami
4 = Memahami
3 = Cukup memahami
2 = Kurang memahami
1 = Tidak memahami
g. Pilihan kata (diction)
5 = Sangat variatif dan tepat
4 = Variatif dan tepat
3 = Cukup variatif dan tepat
2 = Kurang variatif dan
tepat
1 = Tidak variatif dan tepat
Rubrik
Penilaian Praktek
Kriteria |
Jika respon benar, ucapan benar, intonasi benar, dan pengucapan lancar.
|
Jika respon benar, ucapan benar, intonasi benar, dan pengucapan lancar.
|
Jika respon benar, ucapan benar, intonasi benar, dan pengucapan tidak
lancar.
|
Jika respon benar, ucapan benar, intonasi salah, dan pengucapan tidak
lancar.
|
Jika respon kurang tepat, ucapan salah, intonasi salah, dan pengucapan
tidak lancar.
|
Nilai
|
Excelent
5
|
Very Good
4
|
Good
3
|
Fair
2
|
Poor
1
|
Lampiran 1 : Format Penilaian Individu
Nama Kegiatan :
.....................................
Tanggal Pelaksanaan :
.....................................
Nama :
.....................................
NIS :
.....................................
No
|
Aspek yang Dinilai
|
Nilai
|
Sikap
(attitude)
|
||
1
|
Ingin
tahu
|
|
2
|
Percaya
diri
|
|
3
|
Jujur
|
|
|
|
|
Perilaku
(action)
|
||
1
|
Kerja
sama
|
|
2
|
Melakukan
tindak komunikasi yang tepat
|
|
|
|
|
Pengetahuan
(knowledge)
|
|
|
1
|
Pengucapan
|
|
2
|
Kelancaran
|
|
3
|
Intonasi
|
|
|
|
|
Total
|
|
|
Rata-Rata
|
|