Kamis, 10 Juli 2014

RPP LISTENING _Teks naratif lisan berbentuk legenda sederhana.

1 komentar





RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
­­­­­­­­­­­­Satuan Pendidikan            : SMAN 1 Blitar
Mata Pelajaran                   : Bahasa Inggris
Kelas/Pelajaran                  : X / 1 (satu)
Materi Pokok                       : Teks naratif lisan berbentuk legenda sederhana.
Alokasi Waktu                     : 1 pertemuan (2 JP)




A.       Kompetensi Inti
KI 1     : Menghayati dan mengamalkan  ajaran agama yang dianutnya
KI 2     : Menghayati dan mengamalkan perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli (gotong royong,  kerjasama, toleran, damai),  santun, responsif dan pro-aktif  dan menunjukkan sikap sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia.
KI 3     : Memahami, menerapkan, menganalisis pengetahuan faktual, konseptual, prosedural berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan,  kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah.
KI 4     : Mengolah, menalar,  dan menyaji  dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri, dan mampu  menggunakan metoda sesuai kaidah keilmuan.

B.       Kompetensi Dasar dan Indikator Pencapaian Kompetensi
No.
Kompetensi Dasar
Indikator Pencapaian Kompetensi
1.
1.1  Mensyukuri kesempatan dapat mempelajari      bahasa Inggris sebagai bahasa pengantar komunikasi international yang diwujudkan dalam semangat belajar.
1.1.1  Menulis learning log yang mengungkapkan rasa syukur atas kesempatan dapat belajar bahasa Inggris
2.
  2.3 Menunjukkan perilaku tanggung jawab, peduli, kerjasama, dan cinta damai, dalam melaksanakan komunikasi fungsional.  
2.3.1 Bertanggung jawab atas tindakan anggotanya saat menjadi pemimpin kelompok.
2.3.2 Mengakui ketika membuat kesalahan.
2.3.3 Tidak menyalahkan orang lain atas tindakannya sendiri.
2.3.4 Melakukan hal-hal yang dikatakan akan dikerjakan tanpa diingatkan orang lain.
3.
3.10 Menganalisis fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan pada teks naratif sederhana berbentuk legenda rakyat, sesuai dengan konteks penggunaannya.
3.10.1 Mengidentifikasi gambaran umum teks lisan berbentuk narrative.
3.10.2 Mengidentifikasi tokoh-tokoh yang ada di dalam teks narrative.
3.10.3  Mengidentifikasi terkait  karakter, watak, dan setting dalam teks narrative.

4.
4.15 Menangkap makna teks naratif lisan berbentuk cerita pendek sederhana.
4.15.1 Mengidentifikasi informasi rinci tersurat dalam teks lisan berbentuk narrative.


C.        Tujuan Pembelajaran
Diperdengarkan sebuah teks narrative siswa mampu:
1.      Mengidentifikasi tokoh-tokoh yang ada di dalam teks narrative.
2.      Mengidentifikasi gambaran umum teks lisan berbentuk narrative.
3.       Mengidentifikasi terkait  karakter, watak, dan setting dalam teks narrative.
4.      Mengidentifikasi informasi rinci tersurat dalam teks lisan berbentuk narrative.

D.     Materi Pembelajaran
Fungsi Sosial     : Meneladani nilai-nilai moral, cinta tanah air, menghargai budaya       lain.

Structure Texts            :
a.    Pengenalan tokoh dan setting.
b.    Komplikasi terhadap tokoh utama.
c.    Solusi dan akhir cerita.
Unsur Kebahasaan :
a.    Kata-kata terkait  karakter, watak, dan setting dalam legenda.
b.    Modal auxiliary verbs.
c.    Ejaan dan tulisan tangan dan cetak yang jelas dan rapi.
d.    Ucapan, tekanan kata, intonasi, ketika mempresentasikan secara lisan.
e.    Rujukan kata.

Topik      : Keteladanan tentang perilaku dan nilai-nilai luhur dan budaya.

E.        Metode Pembelajaran
1.      Metode Ilmiah (Scientific Approach)

F.        Media, Alat, dan Sumber Pembelajaran
*        Audio CD/ VCD/DVD
*        SUARA GURU
*        Koran/ majalah berbahasa Inggris.

G.       Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran
Pendahuluan (10 menit)
Tahap
Kegiatan
Salam tegur sapa
·     Apersepsi dan motivasi
·     Penyampaian tujuan pembelajaran
·     Penyampaian cakupan materi dan uraian kegiatan
Kegiatan inti (70 menit)
Observing

Teacher
Student
·    Guru menampilkan contoh teks narrative audio





· Guru menyuruh murid untuk mengerjakan task 1
·      Siswa menyimak berbagai contoh teks legenda  yang diperdengarkan guru
·      Siswa mengamati fungsi sosial, struktur dan unsur kebahasaannya
·      Siswa mengamati keteladanan dari cerita legenda
·      Siswa belajar menemukan gagasan utama, informasi rinci dan informasi tertentu dari teks narrative yang telah diperdengarkan.
Questioning

Teacher
Student
·   Guru memberi umpan agar murid bertanya tentang hal yang belum di mengerti
·      Siswa mempertanyakan gagasan utama, informasi rinci dan informasi tertentu dari teks narrative yang telah diperdengarkan.
Exploring

Teacher
Student
· Guru meminta murid untuk melengkapi teks rumpang yang ada di task 2
·      Siswa berlatih menemukan gagasan utama, informasi rinci dan informasi tertentu
·      Siswa melengkapi rumpang dari beberapa teks dari teks narrative yang telah diperdengarkan.
Associating

Teacher
Student
· Guru meminta murid untuk membuat kelompok dan berdiskusi untuk mengerjakan task 3
·      Secara berpasangan siswa  menganalisis beberapa teks dari narrative yang telah diperdengarkan dengan fokus pada fungsi sosial, struktur, dan unsur kebahasaan.
·      Siswa memperoleh balikan (feedback) dari guru dan teman tentang hasil analisis yang disampaikan dalam kerja kelompok.
Communicating

Teacher
Student
·       Guru menyuruh murid untuk mengulangi cerita berdasarkan audio secara singkat di depan kelas.



·      Siswa mengulangi kembali teks legenda sederhana secara singkat yang diperdengarkan dengan memperhatikan fungsi sosial, struktur dan unsur kebahasaannya
Penutup (10 menit)
Penutup
·      Menyimpulkan hal-hal yang telah dipelajari
·      Penugasan
·      Menyampaikan rencana kegiatan yang akan dating

H.      Penilaian

No
Kriteria

5
4
3
2
1
1
Memuaskan
·     Tidak pernah ijin dan datang terlambat
·     Mengumpulkan tugas tepat waktu
·     Tidak pernah ijin dan datang terlambat
·       Jarang mengumpulkan tugas tepat waktu
·     Tidak pernah ijin dan datang 
·      telat mengumpulkan tugas tepat waktu
·     Jarang datang terlambat
·     Telat menumpulkan tugas.
·     Selalu datang terlambat
·     Mengumpulkan tugas tepat waktu
2
Fokus
·     Selalu memperhatikan dan aktif dikelas
·     Selalu memperhatikan dan tidak aktif dikelas
·     Selalu memperhatikan
·     Selalu membuat dialog dengan siswa lain ketika pelajaran dimulai
·     Selalu menggangu siswa lain
3
Disiplin
·     Selalu mentaati peraturan sekolah tanpa instruksi guru
·     Mentaati peraturan sekolah tanpa instruksi guru

·     Mentaati peraturan sekolah tanpa instruksi guru
·     Kadang-kadang murid melanggar peraturan sekolah
·     Kadang-kadang murid melanggarperaturan sekolah









Nilai :
·      Memuaskan + Fokus + Disiplin = Nilai Affective
Kriteria :
A = 15 – 13                        B = 12 – 10                C = 9 – 7                     D = < 7
Kriteria dari nilai listening :
Max. nilai :          
No.
Nama Murid
Nilai
Unggul
(90-100)
Sangat Bagus
(81-90)
Bagus
(71-80)
Cukup
(61-70)
1.


























a.       Rubrik
Nama Murid
Kecerdasan
Sikap
Fokus
SB
B
C
SB
B
C
SB
B
C



Kecerdasan :

Sangat Bagus(SB)
Bagus (B)
Cukup (C)
Murid selalu mendapatkan nilai yang sempurna.
Murid jarang mendapatkan nilai yang sempurna.
Murid tidak pernah mendapatkan nilai yang sempurna.

Sikap :

Sangat Bagus(SB)
Bagus (B)
Cukup (C)
Murid tidak pernah melanggar peraturan sekolah dan kelas
Murid jarang melanggar peraturan sekolah dan kelas
Murid selalu melanggar peraturan sekolah dan kelas
Fokus :

Sangat Bagus(SB)
Bagus (B)
Cukup (C)
Murid selalu perhatian dan aktif di kelas
Murid selalu perhatian dan tidak pernah aktif di kelas
Murid selalu mengganggu teman lainnya dan tidak aktif di kelas





Kediri, 22 Mei 2014
Mengetahui,
Mengetahui Kepala SMAN 1 Blitar                                                   Guru Mata Pelajaran


____________________                                                                               ____________________
NIP. ...                                                                                                   NIP. ...

One Response so far.

  1. Terima kasih kak , ini sangat bermanfaat :) tetapi saya ada saran kalau bisa ada instrumen pembelajarannya juga supaya lebih jelas. makasih

Leave a Reply

 
ENGLISH EDUCATION © 2011 DheTemplate.com & Main Blogger . Supported by Makeityourring Diamond Engagement Rings

You can add link or short description here